Kamis 10 Jun 2021 17:28 WIB

Ini yang Terjadi Bila tidak Makan Karbohidrat

Banyak orang memilih untuk sangat mengurangi asupan karbohidrat.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Banyak orang memilih untuk sangat mengurangi asupan karbohidrat.
Foto:

3. Kekurangan kalium

Jika Anda hanya fokus pada pengurangan karbohidrat ketika Anda benar-benar membuang makanan dengan mereka, Anda dapat menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan nutrisi positif lainnya, yaitu potasium. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, penurunan asupan karbohidrat sejalan dengan peningkatan buang air kecil, suatu proses yang menghilangkan nutrisi tertentu dari tubuh.

Kalium menempati peringkat sebagai salah satu mineral utama yang hilang saat Anda mengurangi karbohidrat, dan pelaku diet yang menganut gaya hidup tanpa karbohidrat mungkin secara tidak sengaja menyebabkan masalah jangka panjang untuk diri mereka sendiri. Termasuk masalah tekanan darah dan pembentukan batu ginjal, ketika tidak mendapatkan kalium yang cukup.

 

4. Ketidakseimbangan vitamin

Selain mengeluarkan mikronutrien tertentu, tak memakan karbohidrat sama sekali juga bisa sulit mendapatkan vitamin dan mineral lain. Kecuali Anda makan buah dan sayuran yang sarat dengan karbohidrat.

Menurut sebuah penelitian yang ditemukan di The Journal of the International Society of Sports Nutrition, rencana makan yang sangat membatasi karbohidrat, akan kekurangan kadar vitamin B7, vitamin D, vitamin E, kromium, yodium, dan molibdenum yang tepat. Nutrisi penting ini memastikan fungsi organ dan kesehatan tubuh yang tepat.

Dampaknya bisa ke berbagai masalah, seperti rambut rontok, penambahan berat badan, kehilangan memori, dan banyak lagi. Hindari masalah ini dengan memantau secara ketat makanan apa yang masuk ke tubuh Anda dan pastikan untuk mendapatkan nutrisi penting ini jika Anda ingin makan lebih sedikit karbohidrat.

 

5. Kurang tidur

Ketika Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan, Anda secara aktif menempatkan tubuh Anda ke dalam keadaan fungsional baru. Dengan perubahan ini, Anda dapat mengharapkan beberapa efek samping mental di samping perubahan fisiologis.

 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Pediatrics, gaya hidup tanpa karbohidrat pada akhirnya menghasilkan kualitas tidur yang sangat buruk, yang memiliki ikatan kuat dengan fungsi mental yang buruk. Jika Anda perlu tetap tajam untuk pekerjaan atau sekolah Anda, pastikan untuk menyimpan beberapa karbohidrat dalam hidup Anda agar Anda tetap pada jalan utama Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement