Rabu 09 Jun 2021 21:39 WIB

5 Kebiasaan Ini Bikin Cepat Tua

Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi yang bikin cepat tua.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Banyak orang yang mengembangkan kebiasaan buruk selama pandemi yang bikin cepat tua.
Foto:

3. Minum banyak alkohol

Terlalu sering minum alkohol dapat membuat Anda menua sebelum waktunya di dalam dan di luar. Alkohol mengeringkan kulit dan menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan pembilasan, pembengkakan, dan kapiler yang rusak. 

Alkohol juga dapat merusak jantung dan mencegah hati dari detoksifikasi tubuh dengan benar dan memproses lemak dan karbohidrat. Untuk mencegah penuaan dini, dan untuk mengurangi risiko kanker atau penyakit jantung, para ahli merekomendasikan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria dan satu untuk wanita.

 

4. Kurang olahraga

Untuk menjaga jantung, otak, dan kekebalan Anda dalam kondisi prima dan untuk mencegah penuaan kulit dini, berolahragalah hampir setiap hari dalam seminggu.  

"Olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini, pada gilirannya, dapat membuat kulit tampak lebih muda."  kata American Academy of Dermatology.  

The American Heart Association merekomendasikan 30 menit olahraga sedang seperti jalan cepat per hari untuk mencegah penyakit jantung. Bonus: Anda mungkin terlihat lebih muda saat melakukannya. 

 

5. Merokok

Rokok adalah ratusan racun dalam asap yang menyebabkan pembuluh darah menyempit, mencegah oksigen dan nutrisi mencapai kulit. Merokok sangat mempercepat seberapa cepat kulit menua. 

 

Rokok menyebabkan kerutan dan kulit kusam dan pucat. Pada saat yang sama, racun tersebut merusak pembuluh darah, jantung, paru-paru, hati, dan ginjal.  Menurut sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa perokok memiliki kerutan tiga kali lipat dibandingkan bukan perokok. Jadi, berhentilah merokok. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement