Selasa 08 Jun 2021 03:03 WIB

Jerawat Termasuk Penyakit, Bisa Sebabkan Komplikasi

Jerawat dikatakan sembuh jika sudah tak kambuh lagi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Jerawat (ilustrasi). Di klinik kecantikan, mereka yang memiliki masalah jerawat berat biasanya datang dengan komplikasi bekas jerawat
Foto:

Jerawat dikatakan sembuh bila sudah tidak kambuh lagi, bahkan saat menjelang dan saat mens. Kalau jerawat lama belum hilang, itu tidak bisa dibilang sembuh meski sudah datang ke dokter dan sudah suntik serta tindakan lainnya.

Andaikan kambuh lagi atau timbul jerawat lain di tempat lain maka orang belum sembuh dari jerawat. “Itu belum sembuh, jerawat itu asalnya dari dalam tubuh glandula sebasea, dari luar seolah bersih bebas jerawat belum tentu bagian dalam kulit sudah sembuh,” ujarnya.

Menurut Aryani, diperlukan waktu dan disiplin yang baik untuk bisa terbebas dari jerawat. Di samping itu, pasien juga perlu mendapatkan obat yang baik dan benar cara pemakaiannya serta tak melewatkan jadwal kontrol, baik tiap pekan, dua pekan sekali, atau tiap bulan.

“Sulit untuk mencapai sembuh sempurna, jerawat hilang dan tidak pernah kambuh lagi," kata Aryani.

Akan tetapi, kalau pasien disiplin dan memakai semua yang dianjurkan dokter dan memakai obat dan perawatan dengan benar maka memerlukan waktu enam bulan untuk sembuh sempurna dan tidak kambuh lagi. Bahkan, saat menjelang mens pun tak akan kambuh lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement