Sabtu 05 Jun 2021 06:15 WIB

7 Manfaat Berjalan Kaki Sebelum Sarapan Pagi

Peneliti ungkap jalan kaki di pagi hari sebelum makan punya efek sehat bagi tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Peneliti ungkap jalan kaki di pagi hari sebelum makan punya efek sehat bagi tubuh.
Foto:

3. Waktu Tidur Jadi Teratur 

Berjalan kaki di pagi hari membuat waktu tidur di malam hari menjadi teratur karena tubuh sudah terbiasa untuk bangun pagi dan melakukan olahraga. Sehingga penyakit insomnia bisa hilang dan tubuh lebih segar. Energi yang didapatkan setiap harinya membuat Anda dapat melakukan apapun.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan penting untuk mengatur ulang jam tubuh Anda setiap pagi dengan paparan cahaya yang sangat sensitif bagi reseptor. Cahaya matahari  membantu mengatur ulang jam tubuh internal, menekan produksi melatonin dan hormon yang mendorong untuk tidur. 

 

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Melakukan jalan kaki cepat selama tiga puluh menit meningkatkan kinerja kognitif Anda. Selain itu, kecerdasan dan keputusan juga akan lebih baik. Maka dari itu, olahraga sangat penting untuk kekuatan otak dan tubuh.

 

5. Jauh dari Penyakit Jantung

Berjalan kaki tiga puluh menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 35 sampai 40 persen. Terlebih lagi, mereka mencatat jalan pagi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah diabetes.  

 

6. Lebih Fokus Saat Bekerja

Penelitian ilmiah secara rutin mengaitkan jalan cepat dengan peningkatan kreativitas dan pemikiran inovatif. Sebab, jalan kaki bisa membantu Anda menciptakan ide-ide baru. Maka dari itu, jangan lewatkan untuk berolahraga pada pagi hari.

 

7. Tubuh Sehat untuk Masa Depan

 

Sebuah penelitian besar yang diterbitkan pada tahun 2015 di Amerika menemukan jalan cepat dua puluh menit setiap hari dapat mengurangi risiko kematian hingga 30 persen. Dan jika Anda seorang pejalan kaki yang rajin, pastikan Anda mengetahui berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement