Sabtu 05 Jun 2021 06:15 WIB

7 Manfaat Berjalan Kaki Sebelum Sarapan Pagi

Peneliti ungkap jalan kaki di pagi hari sebelum makan punya efek sehat bagi tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Peneliti ungkap jalan kaki di pagi hari sebelum makan punya efek sehat bagi tubuh.
Foto: www.freepik.com.
Peneliti ungkap jalan kaki di pagi hari sebelum makan punya efek sehat bagi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti mengungkapkan berjalan kaki di pagi hari sebelum sarapan membuat efek ke dalam tubuh lebih sehat. Hal ini harus dilakukan setiap hari agar terbiasa dan bisa membuat pikiran tenang dan segar. Tidak hanya itu, berat badan Anda juga akan terjaga.

Dilansir dari eatthis, Jumat (4/6), Ahli Gizi Olahraga Katie Kissane menjelaskan jika Anda melakukan latihan intensitas sedang seperti jalan cepat, penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak manfaat. Bisa mengurangi stres dan suasana hati menjadi lebih baik. Maka dari itu, disarankan agar Anda melakukan olahraga berjalan kaki.

Baca Juga

Terdapat efek samping luar biasa yang akan dialami tubuh Anda ketika Anda keluar dan berjalan kaki di pagi hari. Berikut tujuh manfaat berjalan kaki bagi tubuh di pagi hari.

 

1.Banyak Membakar Lemak Tubuh

Para peneliti dari Universitas di Inggris menemukan pria gemuk yang berjalan selama satu jam sebelum makan mampu mengaktifkan gen pembakar lemak yang tersimpan jauh lebih banyak daripada berjalan setelah makan pagi.

Tingkat pemanfaatan lipid seluruh tubuh yaitu pembakaran lemak sekitar dua kali lipat lebih tinggi dengan olahraga sebelum makan dibandingkan setelah pemberian karbohidrat, dan perbedaan antara kondisi ini dipertahankan selama intervensi enam minggu penuh.

 

2. Tubuh akan Terbiasa Melakukan Olahraga 

Terdapat seorang penulis mengubah seluruh rutinitasnya sehingga dia berjalan-jalan setiap pagi sebagai eksperimen untuk melihat bagaimana hal itu akan mempengaruhi hidupnya. Di antara temuannya, dia menemukan bahwa jalan-jalan hariannya sebenarnya memotivasi dia untuk ingin melakukan lebih banyak olahraga nanti. 

Ia melakukan latihan yoga pendek hampir setiap hari dan mencoba menyesuaikan diri dengan bersepeda statis atau setengah jam menari hula hoop beberapa kali seminggu. Semakin banyak Anda bergerak, semakin Anda memiliki energi untuk bergerak.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement