Kamis 03 Jun 2021 22:02 WIB

6 Kacang Paling Sehat untuk Dikonsumsi

Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Kacang adalah salah satu makanan paling bergizi (Foto: kacang almond)
Foto:

Pistachio

Maggie Moon, MS, RD, Wakil Presiden Associate Komunikasi Nutrisi untuk Pistachio Wonderful mengatakan pistachio adalah salah satu kacang camilan berprotein tertinggi. "Mereka menawarkan enam gram protein nabati per porsi yang membantu mengisi tubuh Anda dengan asam amino esensial," ujar Maggie.

Kacang ini juga mengemas tiga gram serat per porsi dan sekitar 90 persen lemak yang ditemukan dalam pistachio adalah jenis tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih baik untuk Anda.

 

 

Almond

Makanan pokok camilan, almond juga dikemas dengan protein nabati tetapi menonjol karena kandungan vitamin E-nya yang sangat baik. "Vitamin E meningkatkan kesehatan kulit, kuku, dan rambut serta merupakan antioksidan kuat yang membantu melawan peradangan," kata Bonnie Taub-Dix, RDN, pencipta BetterThanDieting.com, penulis Read It Before You Eat It: Taking You from Label to Table.

Dia menambahkan penelitian terbaru menunjukkan almond berperan dalam pencegahan keriput. Tapi manfaat nutrisinya tidak hanya berhenti di situ. Almond adalah yang paling rendah lemak jenuhnya dan tertinggi di riboflavin, niasin, serat dan kalsium. 

 

Kacang Pili

Kacang mentega yang lembut ini ditanam di tanah vulkanik di semenanjung Filipina. Mereka termasuk sumber magnesium tertinggi, mineral penting untuk mengatur fungsi otot dan saraf, produksi energi, kontrol tekanan darah dan kesehatan tulang, porsi 30 g menyediakan 89 mg magnesium atau 20 persen dari nilai harian, menjadikannya sumber nutrisi yang sangat baik.

Kacang pili juga dikemas dengan asam amino esensial dan lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung. Dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya, varietas ini juga paling rendah karbohidratnya. Mereka juga mengandung 35 persen dari nilai harian untuk tembaga dan 30 persen dari nilai harian untuk mangan.

 

Kacang tanah

 

Kacang tanah adalah sumber niasin yang sangat baik, vitamin B penting yang membantu mengubah makanan menjadi energi, serta mangan yang penting untuk memproses kolesterol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement