Sabtu 22 May 2021 21:39 WIB

Rekomendasi Makan untuk Masa Pemulihan Covid-19

Di masa pemulihan sangat penting konsumsi makanan segar untuk tingkatkan imunitas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Petani menunjukkan buah jeruk. Konsumsi buah sitrus sangat baik untuk mengembalikan imunitas di masa pemulihan pascaterpapar Covid-19.
Foto: ANTARA/Wahdi Septiawan
Petani menunjukkan buah jeruk. Konsumsi buah sitrus sangat baik untuk mengembalikan imunitas di masa pemulihan pascaterpapar Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Infeksi SARS-CoV-2 dapat mengganggu sistem imun pasien Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi pasien yang sudah negatif Covid-19 untuk membangun kembali imunitas dan kekuatan di masa pemulihan.

Berolahraga seperti berjalan kaki secara rutin merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan imunitas. Beberapa hal lain yang juga dapat menunjang imunitas adalah menjaga hidrasi tubuh dan tidur yang cukup.

Baca Juga

Ahli gizi holistik, Subhasree Ray Kale, juga menyoroti pentingnya menyantap makanan segar untuk meningkatkan sistem imun. Penting pula untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral dari sumber makanan yang alami.

Kale merekomendasikan asupan vitamin C untuk meningkatkan sistem imun. Sistem imun dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih di dalam tubuh. Beberapa sumber vitamin C adalah anggur, jeruk, lemon, jambu biji, dan nanas.

 

Kale juga membagikan contoh pengaturan pola makan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani masa pemulihan. Berikut ini adalah pengaturan pola makan dari Kale, seperti dilansir Business Insider.

Awal Pagi

Meminum salah satu dari beberapa jenis minuman berikut ini: jus buah amla, jus wortel dan bit, smoothie sayuran hijau, susu dengan kunyit, teh jahe, teh basil, atau teh hijau.

Sarapan

Menyantap oat, corn flakes, wheat flakes, idli, roti gandum, telur orak-arik, atau sayur tumis.

Cemilan Jelang Siang

Menyantap buah-buahan sitrus, salah satunya adalah jeruk.

Makan Siang

Menyantap makanan buatan rumah yang sederhana.  

Cemilan Siang

Segenggam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti flaxseed, almond, atau kacang tanah. Bisa juga mengonsumsi segenggam kacang arab chickpea panggang.

Makan Malam

Menyantap makanan buatan rumah yang ringan dan meminum segelas susu hangat sebelum tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement