Sabtu 22 May 2021 21:27 WIB

6 Kiat Mengurangi Asupan Karbohidrat tanpa Tersiksa

Diet rendah karbohidrat tidak boleh dilakukan secara drastis.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Indira Rezkisari
Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat selain nasi.
Foto: Flickr
Oatmeal bisa jadi pilihan karbohidrat selain nasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Karbohidrat merupakan salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, sebagian orang kerap mengonsumsi karbohidrat secara berlebih.

Ketika sudah terbiasa menyantap dalam jumlah besar, mengurangi asupan karbohidrat mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kabar baiknya, memilih alternatif makanan yang tepat dapat membuat upaya mengurangi karbohidrat menjadi lebih mudah.

Baca Juga

Satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam menerapkan diet rendah karbohidrat adalah tidak memangkas asupan kalori dan karbohidrat secara drastis dalam waktu singkat. Cara ini hanya akan membuat diet rendah karbohidrat sulit dipertahankan dalam jangka panjang.

Setidaknya ada enam kiat pemilihan makan yang bisa mempermudah proses pengurangan asupan karbohidrat. Berikut ini adalah keenam kiat tersebut, seperti dilansir Insider.

Kombinasi Yogurt

Ada banyak produk yogurt yang memiliki kandungan gula tinggi. Akan lebih baik bila memilih produk yogurt tawar dibandingkan yogurt yang sudah ditambahkan beragam rasa.

Ada beragam cara untuk membuat yogurt tawar tidak membosankan. Salah satunya dengan menambahkan taburan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bjian, serta sedikit madu.

Trik lainnya adalah mengombinasikan yogurt tawar dan bubuk protein dengan rasa yang disukai, misalnya rasa cokelat. Tambahkan pula bubuk selai kacang untuk semakin memperkaya rasa.

Quinoa Si Pengganti Nasi

Terdapat sekitar 21,2 gram karbohidrat per 100 gram quinoa. Quinoa juga mengandung protein yang dapat membantu memberikan perasaan kenyang lebih lama.

Quinoa dapat diolah menjadi pengganti nasi dengan cara memasaknya di dalam rice cooker. Caranya, masukkan quinoa ke dalam rice cooker bersama dengan kaldu, rempah, dan air. Olahan ini cocok disajikan bersama sup hingga salad.

Sayuran Renyah untuk Cemilan

Ada beragam produk cemilan yang tinggi akan karbohidrat. Sayuran bertekstur renyah seperti mentimun, seledri, wortel, dan paprika dapat menjadi alternatif cemilan yang lezat dan rendah karbohidrat.

Potong-potong sayuran terlebih dahulu. Setelah itu kombinasikan dengan rempah dan kondimen kaya rasa seperti saus kacang dan mayo siracha. Sajian ini cocok untuk menggantikan cemilan kurang sehat seperti keripik.

Kacang dan Selai Kacang

Saat sedang mengurangi karbohidrat, penting untuk menggantinya dengan asupan lemak yang sehat sebagai sumber energi. Salah satu di antaranya adalah kacang-kacangan.

Kacang-kacangan juga dikenal kaya akan serat. Oleh karena itu, konsumsi kacang secukupnya juga baik untuk mendukung pencernaan serta memberikan perasaan kenyang.

Kombucha Buat Kesegaran

Asupan karbohidrat berlebih seringkali berasal dari minuman minuman manis yang dikonsumsi dalam keseharian, misalnya minuman bersoda. Bagi penggemar minuman seperti ini, kombucha mungkin dapat menjadi alternatif pengganti yang tak kalah nikmat.

Kombucha bisa dibuat sendiri di rumah dengan mengandalkan resep-resep yang tersedia di internet. Bila ingin membeli kombucha dalam kemasan, perhatikan label kandungan gizi dan pilih produk yang minim tambahan gula.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement