Sabtu 22 May 2021 04:47 WIB

Bagaimana Posisi Tidur Menyamping dengan Guling yang Tepat?

Posisi tidur terbaik agar bebas dari rasa nyeri saat bangun tidur adalah menyamping.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Posisi tidur terbaik agar bebas dari rasa nyeri saat bangun tidur adalah menyamping.
Foto: Pixabay
Posisi tidur terbaik agar bebas dari rasa nyeri saat bangun tidur adalah menyamping.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin pernah merasa nyeri pada leher, pundak, atau bagian tubuh lain sesaat setelah bangun tidur. Bila menghadapi masalah seperti ini, sudah saatnya untuk mulai perbaiki posisi tidur.

Posisi tidur terbaik agar terbebas dari rasa nyeri ketika bangun tidur adalah tidur menyamping dengan bantal atau guling di antara kedua lutut. Posisi ini juga baik untuk dilakukan oleh penderita arthritis, ibu hamil, dan orang-orang dengan nyeri punggung kronis.

Baca Juga

Seperti dilansir HealthDigest, Sabtu (22/5), tidur menyamping dengan bantal atau guling di antara lutut dapat membantu mengurangi nyeri dan membuat tidur lebih nyenyak. Posisi ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Sebagian orang mungkin tak begitu terbiasa dengan posisi tidur seperti ini. Namun tubuh akan mulai terbiasa setelah mencoba posisi tidur ini dalam beberapa waktu. Orang-orang dengan masalah nyeri lutut atau pernah menjalani operasi lutut sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mencoba posisi tidur ini.

 

Agar mendapatkan manfaat yang optimal, posisi tidur ini perlu dilakukan dengan benar. Salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah bantal yang dapat menunjang kepala dan leher dengan baik dalam posisi tidur menyamping.

Pada saat tidur menyamping, posisi kepala perlu dijaga agar tidak terlalu miring mendekat atau menjauh ke arah pundak. Posisi kepala harus terjaga dalam posisi netral dan sejajar dengan tulang punggung agar tidak memberikan tekanan pada area tulang punggung, khususnya di sekitar leher.

Tak perlu menggunakan produk bantal atau guling khusus untuk digunakan di antara kedua lutut. Namun, pastikan bantal atau guling yang digunakan dapat membuat posisi lutut dan paha membuka dan hampir selaras dengan lebar panggul.

Posisi miring saat berbaring bisa dilakukan dengan menghadap ke kiri atau ke kanan. Tekuk sedikit posisi lutut ke arah dada. Akan tetapi, pastikan lutut tidak terlalu menekuk sampai membentuk posisi seperti janin dalam kandungan.

Bila terbentuk jarak di antara sisi tubuh dengan kasur, selipkan bantal kecil atau handuk gulung. Dengan begitu, tulang punggung akan tetap terjaga dalam posisi yang baik. Tidur dengan cara ini diharapkan dapat menunjang tidur yang lebih nyenyak dan meredakan nyeri ketika bangun di pagi hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement