Rabu 12 May 2021 18:39 WIB

Pakar: Hindari Imun Turun Akibat Salah Pilih Menu Lebaran

Masyarakat diharapkan membatasi asupan gula hingga lemak dan makanan berminyak

Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran. Pakar mengingatkan agar masyarakat bijak memilih makanan agar tak menurunkan imun.
Foto:

Oleh karena itu Pergizi Pangan mengimbau masyarakat untuk menyikapi dengan baik dan mematuhi peraturan pemerintah pusat dan daerah dalam pencegahan Covid-19, termasuk pada masa Lebaran 2021. "Perlu diperhatikan protokol kesehatan terkait kegiatan mudik, lebaran keluarga dan wisata," katanya.

Hardinsyah mengatakan puasa Ramadhan yang telah dilakukan dengan baik dan benar mendatangkan banyak kebaikan dalam pengendalian lemak, sistim hormon dan metabolik tubuh, serta latihan kedisiplinan dan kejujuran. "Kebaikan yang telah diraih ini sebaiknya dijaga mulai hari Lebaran pertama dengan cara menghindari makan berlebihan, dan setelah lebaran melaksanakan anjuran puasa syawal atau puasa berselang, seperti puasa Syawal, puasa Senin dan Kamis, atau puasa lainnya yang dianjurkan bagi yang berkenan dan sesuai kemampuan," katanya.

Pesan terakhir yang disampaikan Hardinsyah kepada masyarakat agar merayakan Lebaran dengan penuh kebahagian."Rasa bahagia juga turut meningkatkan imunitas tubuh yang kita perlukan untuk hidup sehat baik di masa pandemi dan tidak pandemi. Rasa bahagia dalam silaturahim tidak hanya bisa dilakukan dengan mudik, tetapi bisa secara daring," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement