Rabu 21 Apr 2021 20:16 WIB

Relaksasi Wajah dengan Yoga 15 Menit

Ada 57 otot di wajah yang perlu dikencangkan dan dilatih.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Ada 57 otot di wajah yang perlu dikencangkan dan dilatih.
Foto: male raffine
Ada 57 otot di wajah yang perlu dikencangkan dan dilatih.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya tubuh, wajah pun perlu dirawat dengan melakukan gerakan-gerakan tertentu secara rutin. Hal tersebut disampaikan Yoga Guru Diana Fikri pada peluncuran produk ERHA Age Corrector, Rabu (21/4).

"Wajah juga harus olahraga karena ada 57 otot yang perlu dikencangkan dan dilatih. Rangkaian gerakan ini kolaborasi dari gerakan olahraga, akupresur, dan facelift massage," ujar Diana.

Baca Juga

Saran Diana, yoga wajah dilakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Siapkan produk perawatan wajah untuk mendukung gerakan dan pijatan menjadi lebih maksimal. Bisa dengan jari atau roller khusus.

Pertama, seseorang bisa mengusapkan esens pada wajah, lalu diamkan sekitar 10-15 detik dan lanjutkan dengan pemakaian serum. Diana mengingatkan, saat memakai skincare cukup mengusap wajah dengan lembut tanpa menariknya.

Letakkan ujung empat jari kedua tangan di tengah dahi secara vertikal, kemudian pijat dengan lembut menyamping ke arah pelipis. Jika ingin memakai roller, simpan terlebih dulu dalam kulkas untuk sensasi dingin yang nyaman.

Gerakan selanjutnya efektif menghilangkan garis angka 11 di pangkal hidung yang terbentuk karena seseorang mengernyit secara berulang. Gunakan telunjuk kanan dan kiri untuk menekan area itu ke arah atas beberapa kali dengan lembut.

Setelah itu, kembungkan pipi kanan lalu letakkan ujung empat jari di atas bibir untuk menghilangkan kerutan, sementara satu tangan menepuk-nepuk pipi. Lakukan selama 10-15 detik. Aplikasikan hal serupa pada sisi pipi kiri.

Berikutnya, cubit perlahan semua area pipi untuk memperlancar sirkulasi darah dan peredaran oksigen. Menurut Diana, ini juga bisa memberikan efek merona yang cantik pada wajah jika dilakukan secara rutin.

Gerakan lain, bentuklah mulut seperti mengucap huruf O, lalu bungkus gigi dengan bibir. Letakkan satu jari di bawah mata, sambil menggerakkan bola mata ke atas berulang tanpa mengernyit.

Langkah berikut yakni pemakaian krim mata. Letakkan krim mata secukupnya di jari manis lalu tutulkan di sekitar mata dengan gerakan memutar keluar dan arah putaran sebaliknya. Bagian kantong mata kemudian diusap lima kali ke arah luar.

Pada titik di antara mata dan hidung, letakkan satu jari dan tekan lembut secara berulang seperti efek vibrasi selama 50-60 detik. Untuk meminimalisasi kerutan, bentuk ibu jari dan telunjuk kedua tangan menjadi huruf V di tiap mata dan tekan kedua ujungnya secara bersamaan.

Menambah efek relaksasi, pijat bagian bawah alis dari dalam ke luar menggunakan telunjuk dan ibu jari. Setelah itu, krim pelembap pagi/malam bisa digunakan. Usai meratakan pada wajah, sisakan sedikit di bagian bawah telapak tangan di atas nadi.

Gunakan area bawah telapak tangan itu untuk memijat wajah, mulai dari rahang, pipi, hidung, hingga ke dahi. Namun, Diana mengingatkan untuk tidak menarik tangan, melainkan mengangkat tangan jika ingin pindah ke area lain.

Tepuk-tepuk bagian bawah dagu, lalu usap leher dari dagu ke bawah dengan mencebikkan bibir bawah guna menyamarkan garis leher. Bisa dilanjutkan dengan memijat kuping perlahan secara memutar, lalu buat gerakan menjewer sekitar tiga detik.

Untuk menyamarkan garis senyuman, bungkus gigi dengan bibir dan letakkan jari di pipi tempat biasa muncul garis halus tersebut. Tahan gerakan itu sambil mendongak selama beberapa detik.

Bagi yang ingin menghilangkan double chin, tegakkan badan lalu hadapkan kepala ke kanan. Tarik kepala ke arah belakang beberapa detik. Lakukan ke arah sebaliknya.

Sebagai penutup, usap-usap kedua telapak tangan hingga terasa panas. Lalu tangkupkan kedua telapak pada mata. Dengan mata yang tertutup, gerakkan bola mata sembilan kali ke kanan dan sembilan kali ke kiri untuk membuatnya rileks.

Diana menyampaikan, rangkaian face yoga itu sebenarnya bisa mencapai waktu satu jam. Akan tetapi, bagi yang tidak sempat melakoni semuanya, bisa saja hanya 15 menit sambil memakai skincare.

"Otot wajah lebih kecil sehingga exercise juga harus lebih sering. Prinsipnya bisa dilakukan setiap hari, tapi dalam seminggu sebaiknya ada satu hari istirahat untuk melemaskan otot," tutur Diana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement