Rabu 07 Apr 2021 01:51 WIB

3 Cara Sederhana Perbaiki Pola Makan

trik memperbaiki pola makan adalah memilih pakaian berkapasitas tinggi

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 setidaknya ada tiga trik sederhana yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pola makan. Beragam trik ini perlu diimbangi dengan konsistensi agar manfaat yang akan didapatkan juga maksimal.
Foto:

Pilih Lemak Baik

Seperti halnya karbohidrat, lemak juga kerap dipandang negatif. Sebagian jenis lemak seperti emak trans dan lemak jenuh memang tidak begitu baik untuk dikonsumsi, terlebih bila berlebihan.

Akan tetapi ada jenis lemak yang baik dan sebenarnya penting untuk dikonsumsi. Jenis lemak tersebut adalah lemak tak jenuh.

"Lemak tak jenuh sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung," jelas Reddy.

Omega-3 khususnya, memainkan peran pentig dalam banyak hal seperti manajemen kecemasan, menurunkan inflamasi, menyeimbangkan hormon, dan bahkan memperbaiki kulit. Pastikan kebutuhan asupan omega-3 terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 dua kali sehari.

Sebagian contoh makanan tersebut adalah biji chia, biji flax, dan kacang kenari. Ikan salmon dan ikan berlemak lain, alpukat, minyak zaitun, hingga kacang-kacangan juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang baik. Penting untuk tetap memperhatikan porsi agar tidak mengonsumsi makanan-makanan ini secara berlebihan.

Tiga Cangkir Sayuran tak Berpati per Hari

Sayuran dikenal kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Di antara beragam jenis sayur, sayuran tak berpati juga memiliki keunggulan lain yaitu sebagai sumber serat yang baik.

 

Asupan serat yang cukup penting untuk mengatur kadar gula darah, menunjang proses pencernaan, dan menjaga keseimbangan mikrobioma usus. Upayakan untuk mengonsumsi setidaknya tiga cangkir sayuran tak berpati matang per hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement