Rabu 31 Mar 2021 22:00 WIB

11 Makanan Ini Bantu Detoksifikasi Tubuh

Meski tubuh bisa melakukan detoksifikasi alami, ada kalanya butuh bantuan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Meski tubuh bisa melakukan detoksifikasi alami, ada kalanya butuh bantuan.
Foto:

5. Dandelion Hijau

Dandelion sangat bergizi, dengan sejarah panjang dalam pengobatan herbal tradisional. Selain dikemas dengan vitamin dan antioksidan penangkal peradangan, dandelion hijau dapat membantu melindungi hati dari zat beracun dan stres. Mereka adalah diuretik alami sehingga membantu mengeluarkan cairan berlebih.

6. Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman terbaik untuk kesehatan hati. Sejumlah penelitian menunjukkan, kopi dapat menurunkan risiko sirosis dan mengembangkan kanker hati. Manfaat itu mungkin sebagian karena kopi membantu mencegah penumpukan lemak di sekitar hati.

7. Cordyceps Mushroom

Cordyceps, genus jamur parasit, telah digunakan selama berabad-abad dalam Pengobatan Tradisional Cina untuk mengobati penyakit kesehatan. Cordyceps telah diuji klinis untuk meningkatkan fungsi ginjal, bahkan pada penyakit ginjal.

8. Bit

Sayuran akar tanah ini (juga dikenal sebagai bit) dikemas dengan nutrisi dan serat. Ahli diet terdaftar di Cureative Nutrition, Chloe Paddison menjelaskan bit terkenal sebagai vasodilator, membantu meningkatkan aliran darah, yang membantu tekanan darah, fungsi otak, dan kinerja atletik.

9. Pir Berduri

Pir berduri, sejenis kaktus yang dapat dimakan, sering digunakan untuk jus. Studi menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak pir berduri sebelum minum alkohol membuat seseorang tidak merasa mabuk terlalu parah. Itu bisa jadi karena membantu menjaga tingkat antioksidan dan peradangan.

10. Sayuran Renyah

Sayuran kucifer, seperti brokoli dan kubis Brussel adalah dua makanan ramah detoks lainnya untuk ditambahkan ke piring. Keduanya terbukti meningkatkan enzim detoksifikasi hati, membantu proses detoksifikasi, sekaligus melindungi hati dari kerusakan.

11. Kunyit

Kurkumin, bahan aktif dalam kunyit telah terbukti membantu fungsi hati dengan membuang racun dan memberikan dorongan antioksidan yang membantu memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement