Jumat 26 Mar 2021 00:05 WIB

5 Minuman Populer yang Berdampak Buruk Bagi Jantung

Kesehatan jantung dipengaruhi ragam faktor, salah satunya minuman yang dikonsumsi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kesehatan jantung dipengaruhi ragam faktor, salah satunya minuman yang dikonsumsi.
Foto:

Kopi

Konsumsi satu cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko terjadinya gagal jantung. Namun, meminum kopi secara berlebih justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung. Studi terbaru menunjukkan bahwa individu yang minum kopi enam cangkir atau lebih per hari memiliki kadar lemak darah yang lebih tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Minuman Berenergi

Konsumsi minuman berenergi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dengan cara meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan ritme jantung abnormal. Dampak kurang baik ini biasanya lebih sering terjadi pada orang-orang yang meminum minuman berenergi dalam jumlah besar dan waktu yang singkat.

Alkohol

Konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan terjadinya beragam masalah, salah satunya masalah jantung. Dampak buruk dari konsumsi alkohol bagi kesehatan jantung juga bisa terjadi pada perempuan dan laki-laki. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secara rutin menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki.

Milkshake

Sumber masalah yang terdapat pada milkshake adalah gula dan lemak jenuh. Beberapa studi mengungkapkan bahwa satu asupan berlemak tinggi saja sudah dapat memicu terjadinya penyakit jantung pada sebagian orang. Oleh karena itu, konsumsi minuman bergula dan berlemak jenuh tinggi, seperti milkshake, sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari.

Minuman yang Baik untuk Jantung

Di samping minuman yang kurang baik bagi jantung, ada pula minuman yang dapat menunjang kesehatan jantung. Salah satu yang direkomendasikan adalah teh hijau. Teh hijau tak hanya dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat kejadian kardiovaskular, seperti serangan jantung atau strok, tetapi juga dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan secara umum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement