Ahad 21 Mar 2021 04:00 WIB

6 Cara Membuat Kopi Hitam Instan Lebih Nikmat

Modifikasi dapat membuat cita rasa kopi hitam instan menjadi lebih menggugah selera.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Kopi hitam. ilustrasi
Foto: Pexels
Kopi hitam. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi hitam instan kerap dianggap memiliki rasa yang buruk bila dibandingkan dengan kopi yang diseduh secara tradisional dari biji kopi. Akan tetapi, sedikit modifikasi dapat membuat cita rasa kopi hitam instan menjadi lebih menggugah selera.

Salah satu trik untuk membuat kopi hitam instan menjadi lebih nikmat adalah dengan mencampurkan sedikit air dingin sebelum menambahkan air hangat. Metode ini dapat menurunkan tingkat keasaman dan rasa pahit yang biasa ditemukan pada kopi hitam instan.

Baca Juga

Bila trik tersebut tak cukup memuaskan, ada enam cara lain yang dapat membuat kopi hitam instan menjadi lebih sedap. Berikut ini adalah keenam cara tersebut, seperti dilansir Bustle.

Bubuk Kakao

Cokelat bisa membuat apa saja terasa lebih baik, termasuk kopi hitam instan. Sebelum menambahkan air ke kopi hitam instan, coba campurkan 1-2 sendok bubuk kokoa manis atau tanpa pemanis ke bubuk kopi. Cara sederhana ini dapat menghasilkan secangkir mocha nan lezat.

Mentega

Kombinasi mentega dan kopi memang bukan hal yang umum. Sebagian orang mungkin akan enggan untuk mencobanya. Namun percaya tidak percaya, kombinasi mentega dengan kopi, khususnya kopi hitam instan, dapat meningkatkan cita rasanya. Tekstur silky dari mentega juga dapat membantu menyamarkan rasa pahit kopi.

Untuk membuat kombinasi ini, seduh kopi hitam instan tersbih dahulu. Setelah itu tambahkan sedikit mentega dan krim ke dalam kopi tersebut.

Kayu Manis

Terkadang, kopi hitam instan hanya memerlukan sedikit penambahan rasa agar menjadi lebih lezat. Dalam situasi tersebut, kayu manis dapat menjadi pilihan tepat. Kayu manis dapat memberikan sentuhan pedas namun tidak mengalahkan atau menutupi rasa kopi. Tak hanya itu, kayu manis juga dapat menjadi pemanis yang lebih sehat dibandingkan gula.

Sebelum menambahkan air ke kopi hitam instan, coba tambahkan sesendok kecil bubuk kayu manis ke bubuk kopi dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, seduh kopi dengan air dan susu. Taburkan sedikit bubuk kayu manis di atas kopi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement