Ahad 21 Mar 2021 01:37 WIB

Benarkah Konsumsi Almond Kurangi Keriput Wajah?

Kacang almond dikenal sebagai salah satu camilan sehat yang kaya akan gizi.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Keriput (Ilustrasi)
Foto:

Dari segi berat badan, konsumsi kacang almond sebanyak 20 persen dari total kebutuhan kalori harian tampak tidak mempengaruhi berat badan. Berat badan pada partisipan dari kedua kelompok tetap sama sejak awal studi hingga pekan ke-24.

"Konsumsi kacang almond harian dapat menjadi cara yang efektif untuk memperbaiki tampilan kerutan wajah dan warna kulit pada perempuan pascamenopause dengan tipe kulit 1 dan 2 skala Fitzpatrick," ungkap ketua tim peneliti dan ahli dermatologi Raja Sivamani, seperti dilansir Indian Express.

Sivamani mengatakan almond merupakan maknaan yang kaya akan zat gizi, termasuk alpha-tocopherol (vitamin E) dan lemak tak jenuh. Alpha-tocopherol diketahui memiliki fungsi antioksidan serta turut berperan penurunan kerutan serta kondisi warna kulit tak merata pada perempuan pascamenopause.

Di sisi lain, tim peneliti menyoroti bahwa studi ini memiliki keterbatasan. Salah satunya adalah terkait durasi studi yang hanya berlangsung selama 24 pekan. Oleh karena itu, studi ini belum bisa memberikan pandangan terkait potensi manfaat konsumsi kacang almond setiap hari dalam jangka panjang.

Keterbatasan lainnya adalah partisipan yang terlibat dalam studi ini hanya perempuan dengan tipe kulit 1 dan 2 dalam skala Fitzpatrick dan merupakan perempuan pascamenopasue. Studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat dampak konsumsi kacang almond pada kulit di populasi yang lebih luas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement