Sabtu 20 Mar 2021 01:26 WIB

6 Alasan Sehari Tanpa Gawai Ala Alicia Keys Patut Dicoba

Alicia Keys mulai mendedikasikan sehari tanpa gawai dalam satu pekan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Penggunaan ponsel (Ilustrasi). Ponsel sering kali menjadi hal pertama yang dicari banyak orang sesaat setelah bangun tidur. Ponsel pintar pula hal terakhir yang kerap dilihat banyak orang sesaat sebelum tidur.
Foto:

Seimbangkan Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan

Banyak orang yang masih bekerja dari rumah di masa pandemi Covid-19. Dalam situasi seperti ini, berbagai area di dalam rumah mungkin telah berubah menjadi tempat bekerja.

Menghindari gawai selama satu hari per pekan dapat membantu menciptakan keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan. Cara ini dapat menurunkan dorongan untuk mengecek surel atau pekerjaan di hari libur.

Kurangi Stres

Dengan ponsel di dalam genggaman, seseorang akan selalu terkoneksi dengan berbagai berita dan informasi. Pada satu titik, hal ini bisa memunculkan perasaan lelah dan stres.

Menjauhi ponsel sejenak dapat membantu seseorang untuk terhindar dari paparan berita dan informasi yang terus-menerus mengalir. Cara ini dapat membantu menurunkan stres sekaligus memunculkan perasaan segar kembali.

Hindari Pegal

Seringkali pengguna gawai tak menyadari posisi mereka ketika sedang menatap layar. Posisi yang tidak tepat kerap memunculkan keluhan kaku, nyeri atau pegal, khususnya di daerah leher dan pundak. Menghindari gawai sejenak dapat memberikan ruang bagi tubuh untuk berada pada posisi yang lebih baik. Waktu luang yang tersedia juga bisa digunakan untuk latihan yoga atau pemanasan.

Bukti pada Diri Sendiri

 

Menjauhi teknologi bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, perasaan puas akan muncul ketika seseorang berhasil melakukan hal tersebut. Keberhasilan ini juga dapat menjadi bukti bahwa diri sendiri tidak bergantung sepenuhnya pada layar gawai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement