Jumat 19 Mar 2021 13:12 WIB

Ini Efek Samping Konsumsi Overnight Oat

Kandungan beta-glucan dalam oat dapat turunkan kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Overnight oat
Foto: wnetwork
Overnight oat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Overnight oat kerap menjadi opsi menu sarapan sehat, khususnya bagi orang-orang yang sedang menurunkan atau menjaga berat badan. Di samping kaya serat, overnight oat ternyata juga memiliki "efek samping" yang baik terhadap kadar kolesterol.

Overnight oat merupakan sajian makanan yang terbuat dari oat. Dalam proses pembuatannya, oat yang telah dicampurkan dengan cairan seperti susu atau yogurt disimpan di dalam kulkas selama semalaman.

Menurut studi dalam Journal of Nutrition and Metabolism, kandungan beta-glucan di dalam oat dapat menurunkan kadar kolesterol sekitar 5-10 persen. Selain itu, oat juga diketahui mengandung serat larut. Di dalam saluran pencernaan, serat larut akan bertransformasi menjadi seperti gel.

Dalam bentuk gel, serat larut akan mengikat dan membuang kolesterol jahat atau kolesterol LDL dari dalam tubuh. Karena itu, National Lipid Association menganjurkan, konsumsi minimal 5-10 gram serat larut setiap hari untuk menjaga kadar kolesterol LDL tetap terkontrol.

 

Tak hanya itu, konsumsi serat larut juga dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama. Selain itu, serat larut juga membantu menstabilkan kadar gula darah.

Seperti diketahui kadar gula darah yang tinggi dan tak terkontrol dapat memicu diabetes tipe 2. Penderita diabetes, lebih berisiko terkena penyakit jantung menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Selain itu, kadar gula darah yang selalu tinggi juga dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung.

Manfaat-manfaat dari serat larut ini bisa didapatkan dari mengonsumsi overnight oat atau oat pada umumnya. Salah satu kelebihan overnight oat adalah proses pembuatannya yang mudah dan tak memakan waktu lama.

Salah satu resep overnight oat yang patut dicoba adalah overnight oat selai kacang. Resep ini hanya memerlukan lima bahan dan bisa dibuat dalam waktu lima menit saja. Berikut ini adalah resep overnight oat selai kacang, seperti dilansir Minimalist Baker.

BAHAN UTAMA:

1/2 cangkir susu almond tawar tanpa pemanis, bisa diganti dengan alternatif susu lain seperti santan atau susu kedelai.

3/4 sdm biji chia

2 sdm selai kacang alami atau selai almond alami, boleh memilih selai dengan tekstur halus maupun crunchy

1 sdm sirup maple, bisa diganti dengan gula kelapa, brown sugar, atau stevia

1/2 cangkir rolled oat

BAHAN TOPPING (OPSIONAL):

Potongan buah pisang, strawberry, atau raspberry

Flaxseed

Granola

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement