Jumat 12 Mar 2021 13:05 WIB

Gaya Hidup Frugal, Cocok Diterapkan Selama Pandemi

Gaya hidup 'frugal' identik dengan hemat, minimalis, dan cermat.

Gaya hidup 'frugal' identik dengan hemat, minimalis, dan cermat.
Foto:

Selanjutnya, catat pengeluaran harian agar mudah untuk melakukan evaluasi pada bulan berikutnya bilamana pendapatan atau gaji berikutnya diterima. Selanjutnya, manfaatkan promo dan diskon dan terapkan hanya untuk barang yang memang benar-benar dibutuhkan. 

Cara ini bisa menghemat pengeluaran dan ada sisa uang yang bisa disimpan. Kemudian, hilangkan keinginan untuk mendapat pengakuan status sosial dari lingkungan atau lebih tren dengan istilah pansos karena ini bukanlah kebutuhan tapi keinginan atau gengsi. 

Gara-gara hal ini, Anda bisa saja ingin membeli barang-barang yang dianggap penting walau sebenarnya tidak penting. Misalnya, mengganti gadget berbasis Android menjadi iOS demi ikut aplikasi kekinian. Padahal, informasi bisa didapatkan dari sumber lainnya, seperti discord group, portal berita, webinar, YouTube, dan podcast.

"Ketika kita menganggap ekspektasi orang lain atas diri kita terlalu penting sampai membeli barang yang sangat mahal tentunya akan berbahaya bagi kesehatan finansial, kesehatan fisik, dan jiwa. Milenial perlu bijaksana untuk mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan dan memilah mana yang harus dipenuhi segera dan yang masih bisa ditunda atau dihilangkan. Penuhi saja apa yang kita butuhkan, bukan apa yang orang lain nilai bahwa kita membutuhkannya," pesan Ivan. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement