Sabtu 20 Feb 2021 03:55 WIB

Melatih Kecerdasan Emosional Anak Saat Pandemi

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali dan mengekspresikan emosi.

Anak-anak belajar menggambar. Ilustrasi
Foto:

Dr Aisah mengatakan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal termasuk ke dalam kecerdasan emosional.

“Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengenali dan mengekspresikan emosi, mengasimilasi emosi dengan pikiran, berpikir dan menalar dengan emosi, dan meregulasi emosi diri sendiri dan orang lain,” kataAisah.

Anak yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah biasanya mudah marah dan cemas tanpa mengetahui sebabnya, tidak memahami perasaan orang lain, kesulitan dalam menanggapi perilaku dan perasaan orang lain, sulit mengontrol emosi, terutama ketika stres, dan tidak memahami hubungan antara emosi, pikiran, dan perilaku.

Rendahnya kecerdasan emosional, lanjut dia, berdampak pada perkembangan anak ke depannya. Anak pada masa depan akan lebih mudah pesimistis dalam menghadapi segala sesuatunya.

Beda halnya dengan anak yang cakap mengelola emosi atau memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, yang juga memiliki mental yang sehat dan selalu optimistis.

Oleh karena itu, kecerdasan emosional tersebut harus terus dilatih sejak dini dengan melakukan kegiatan yang positif yang dilakukan bersama keluarga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement