Kamis 18 Feb 2021 17:02 WIB

Enam Jenis Teh Bantu Atasi Sembelit

Minum teh ternyata juga dapat membantu meringankan sembelit.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Minum teh ternyata juga dapat membantu meringankan sembelit.
Foto: Pixabay
Minum teh ternyata juga dapat membantu meringankan sembelit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir setiap orang mungkin pernah mengalami konstipasi. Orang yang mengalami konstipasi biasanya hanya buang air besar tiga kali atau lebih sedikit dalam satu pekan. Selain itu, konsistensi kotoran yang dikeluarkan bisa keras, kering, dan terkadang sulit dikeluarkan.

Secara umum, ada tiga hal yang sangat dianjurkan untuk orang-orang yang mengalami konstipasi. Ketiga anjuran tersebut adalah menyantap makanan tinggi serat, memperbanyak olahraga, dan menjaga asupan cairan yang cukup.

Baca Juga

Di samping itu, minum teh ternyata juga dapat membantu meringankan sembelit. Ada enam jenis teh yang dinilai dapat membantu meringankan sembelit. Berikut ini adalah keenam jenis teh tersebut, seperti dilansir LiveStrong, Kamis (18/2).

Teh Rhubarb

Teh yang mungkin lebih identik dengan orang tua ini dapat membantu mengatasi sembelit. Profesor gastroenterologi dan ilmu gizi dari Michigan Medicine William Chey MD mengatakan, rhubarb memiliki sifat laksatif.

Saat ini, bukti ilmiah mengenai manfaat teh rhubarb masih terbatas. Akan tetapi, rhubarb dianggap sebagai stimulan pencahar.

Teh Lidah Buaya

Sari lidah buaya atau aloe vera dapat membantu meringankan sembelit menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center. Teh lidah buaya yang disajikan dengan air hangat dapat membantu mempermudah feses bergerak menunju pembuangan, menurut Academy of Nutrition and Dietetics.

"Aloe yang terkandung dalam banyak teh tampak memiliki sifat stimulan pencahar juga," jelas Dr Chey.

Teh Senna

Senna merupakan pencahar herbal populer dan umumnya aman dikonsumsi. Senna banyak terdapat dalam produk teh, khususnya teh yang dipasarkan sebagai pereda sembelit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement