Kamis 05 Nov 2020 13:34 WIB

5 Minuman Atasi Sembelit Saran dari Pakar

Meski terkesan ringan, sembelit sangat mempengaruhi aktivitas harian.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Meski terkesan ringan, sembelit sangat mempengaruhi aktivitas harian (Foto: ilustrasi)
Foto: Pixabay/StockSnap
Meski terkesan ringan, sembelit sangat mempengaruhi aktivitas harian (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi terbaru pada Januari 2020 di Gastroenterology melaporkan, sembelit dialami 15 persen dari populasi manusia dunia. Meski terkesan ringan, sembelit sangat mempengaruhi aktivitas harian.

Melansir laman Livestrong, Kamis (5/11), setidaknya ada lima minuman yang bisa melancarkan sembelit. Meski demikian, menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan cairan yang cukup sangat dianjurkan.

Baca Juga

Berikut minuman yang dianjurkan diminum apabila mengalami sembelit menurut pakar.

 

Kopi

Secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan jumlah asam lambung. Hal ini akan memberikan dorongan ke usus besar sehingga menimbulkan efek pencahar.

"Kopi pagi hari baik untuk membuang kotoran," kata Pakar Kesehatan Usus Amanda Sauceda, RDN, CLT.

 

Air dengan biji chia

Air adalah pilihan yang jelas sebagai solusi pertama sembelit. Namun, air dengan campuran biji chia bisa menjadi solusi ganda.

Jenis serat yang ditemukan dalam biji chia membuat minuman ini efektif. Sekitar 87 persen serat yang ditemukan dalam biji tidak larut. Seperti diketahui, serat tidak larut membantu meredakan sembelit.

Jus plum

Buah plum atau prune terkenal karena membantu memudahkan buang air besar. Buah plum atau jus prune mengandung sorbitol yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Dengan demikian membuat kita lebih mudah buang air besar.

Smoothie

Ketika dikonsumsi dengan benar, smoothie bisa menjadi minuman yang baik bagi usus. Tidak seperti jus, smoothie mempertahankan serat dari buah-buahan dan sayuran tambahan, atau semua serat yang hilang dari jus. Seperti diketahui, serat makanan sangat baik untuk pencernaan.

Kefir

Kefir adalah produk susu yang dapat membantu buang air besar. Kefir merupakan sumber probiotik dan dapat membantu kesehatan usus. Mengonsumsi kefir setiap hari selama empat pekan akan membuat frekuensi buang air besar lebih teratur.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement