Rabu 17 Feb 2021 22:59 WIB

5 Kebiasaan Ini Bantu Tidur Malam Lebih Nyenyak

Kebiasaan ini bantu tidur lebih baik dan bangun pagi lebih segar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan ini bantu tidur lebih baik dan bangun pagi lebih segar.
Foto:

3. Perhatikan Kualitas Makanan

Berbagai kondisi penuh ketidakpastian selama pandemi Covid-19 bisa membuat kualitas makanan yang disantap tidak terjaga. Di antara panggilan Zoom dan kesibukan lain di rumah, banyak yang memutuskan memesan makanan cepat saji.

Ahli diet berlisensi Aja Gyimah menyarankan untuk mempersiapkan makanan berkualitas untuk beberapa waktu makan selanjutnya. Saat membuka lemari es atau pergi ke dapur, sudah ada santapan yang bisa diolah untuk sarapan atau makan siang.

"Buat sesuatu yang mudah seperti oat, yogurt parfait, atau memotong beberapa sayuran untuk memasak esok hari, membuat kesibukan tidak terlalu menakutkan," ujar pendiri layanan pelatihan kesehatan Kuudose itu.

4. Hindari Alkohol

Para ahli sepakat bahwa menghindari minuman beralkohol baik untuk tubuh. Psikiater dan Direktur Medis Regional di Community Psychiatry Leela R Magavi menyebutkan beberapa masalah yang bisa ditimbulkan konsumsi alkohol.

"Alkohol dapat mengganggu tidur REM dan memperburuk kualitas tidur. Minuman itu juga bisa menyebabkan perubahan pada otak, sehingga memperburuk kecemasan. Menyebabkan kantuk di siang hari, kurang perhatian, dan mudah tersinggung," ucapnya.

5. Tidur Setelah Kelelahan

Kesulitan tidur bisa menjadi lingkaran setan tak berujung. Seseorang susah memejamkan mata, sekaligus merasa stres karena tidak bisa tidur.  Direktur Program Pengobatan Tidur Neurologi Pediatrik Universitas Duke Sujay Kansagra mengatakan, pola demikian bisa terus berulang.

Menurut Kansagra, kuncinya adalah tidur saat tubuh sudah merasa lelah. Karena itu, gaya hidup aktif sepanjang hari sangat penting. Jika tidak kunjung tidur setelah 20 menit, beranjaklah dari tempat tidur dan lakukan sesuatu sampai Anda kembali mengantuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement