Selasa 16 Feb 2021 15:28 WIB

Cek Imunitas dengan Tes Antibodi Kuantitatif SARS-CoV-2

Tidak ada batasan usia dan riwayat penyakit, siapapun bisa diperiksa dengan tes ini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Petugas memeriksa beberapa sampel PCR COVID-19 (ilustrasi).
Foto:

Irhamsyah menambahkan, sebelum pemeriksaan kuantitatif antibodi spesifik SARS-CoV-2 diperkenalkan, sebelumnya sudah ada pemeriksaan antibodi SARS-CoV kualitatif yang tidak kalah pentingnya karena sangat berguna untuk screening pasien.

Sedangkan, pemeriksaan antibodi kuantitatif ini digunakan untuk mengetahui seberapa banyak antibodi yang mampu melindungi kita lebih cepat dan lebih dini dalam menghadapi infeksi SARS-CoV-2. Ada perbedaan signifikan antara keduanya.

Pemeriksaan antibodi kualitatif mendeteksi antibodi nucleocapsid (protein nucleocapsid terdapat pada cangkang yang melindungi inti virus Covid-19). Antibodi kuantitatif mendeteksi antibodi Spike pada permukaan virus Covid-19.

Head of Marketing & Corporate Communication Primaya Hospital Group, Hanie Dewita, menyampaikan bahwa Primaya Hospital menyediakan pemeriksaan Antibodi SARS-CoV-2 kuantitatif. Tes tersedia di seluruh cabang Primaya Hospital, baik di Jakarta, Bekasi, Tangerang, Karawang, Makassar, dan Palangkaraya.

 

"Masyarakat bisa melakukan pemeriksaan ini dengan mengunjungi Primaya Hospital terdekat ataupun melalui pemeriksaan home care (pemeriksaan di rumah) dan onsite (pemeriksaan bagi karyawan perusahaan)," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement