Ahad 14 Feb 2021 09:39 WIB

10 Dampak Buruk Terlalu Banyak Duduk

Duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Duduk sepanjang hari dapat mempengaruhi banyak aspek kesehatan.
Foto:

Risiko penyakit jantung

Latihan kardiovaskular membantu otot jantung tetap kuat. Sebaliknya, duduk atau berbaring dalam jangka waktu yang lama setiap hari tidak memungkinkan jantung mendapatkan latihan kekuatan yang dibutuhkannya.

Sulit hamil

Baik pria maupun wanita mungkin mengalami tantangan kesuburan jika mereka duduk sepanjang hari. Khusus untuk pria, pekerjaan yang tidak banyak bergerak meningkatkan risiko kerusakan DNA sperma tingkat tinggi.

Mengalami Wasir

Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan duduk miring dapat menyebabkan ketidaknyamanan, dan bahkan pembengkakan seperti wasir.

Sementara beberapa ahli berpendapat bahwa gaya hidup yang tidak banyak bergerak tampaknya bertepatan dengan perkembangan wasir, beberapa data menunjukkan bahwa perilaku menetap bukanlah faktor risiko.

Risiko Diabetes

Duduk sepanjang hari dapat membuat tubuh berisiko terkena diabetes tipe 2. Secara khusus, waktu menetap yang lebih lama telah dikaitkan dengan peningkatan 112 persen dalam risiko relatif mengembangkan kondisi ini bila dibandingkan dengan mereka yang tidak menetap.

Risiko Tinggi saat Hamil

Wanita hamil berisiko mengembangkan diabetes gestasional. Dalam sebuah penelitian, wanita hamil yang duduk di rumah selama lebih dari dua jam per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes gestasional yang signifikan.

Risiko Kematian Akibat Kanker

Mengganti waktu duduk dengan aktivitas selama 30 menit dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker yang lebih rendah menurut data yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association. Dalam kasus ini, kurang duduk dan lebih banyak bergerak secara harfiah bisa menjadi masalah hidup atau mati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement