Selasa 09 Feb 2021 17:58 WIB

Tips Mengawasi Anak Saat Bermain Gim Daring

Ada potensi bahaya bagi anak bila bermain gim daring tanpa pengawasan orang tua.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Ada potensi bahaya bagi anak bila bermain gim daring tanpa pengawasan orang tua (Foto: ilustrasi)
Foto:

“Saya selalu mengingatkan anak saya untuk langsung memberi tahu saya saat dia menemui situasi daring yang membuat tidak nyaman,” kata dia.

Menurutnya, lebih dari 70 persen orang tua di Asia-Pasifik tidak cukup yakin anak mereka akan memberi tahu mereka jika menemui situasi daring yang tidak aman. Dari data yang dihimpun oleh tim Google, sepertiga orang tua yang diawancarai tidak pernah berbicara dengan anak tentang keamanan daring. Oleh karenanya, orang tua harus bekerja keras untuk meyakinkan anak bahwa orang tua akan selalu ada untuk memandu dan melindungi mereka.

Orang tua juga perlu menilai apakah sebuah gim cocok untuk anak kita. Penting pula bagi orang tua untuk memeriksa tidak hanya kontennya, tetapi juga apakah game itu memungkinkan komunikasi secara daring dengan orang lain.

“Beberapa gim multiplayer hanya menyediakan sedikit opsi interaksi sosial, seperti sekadar memberikan suka (like) dan bukan chat tertulis. Ini cukup banyak mengurangi risiko terjadinya interaksi sosial yang tidak diinginkan,” jelas Lucian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement