Senin 08 Feb 2021 14:41 WIB

Rahasia Sehat dari Empat Herbal China

Selama berabad-abad ramuan herbal China jadi salah satu pengobatan tertua di dunia.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Selama berabad-abad ramuan herbal China jadi salah satu pengobatan tertua di dunia (Foto: ilustrasi)
Foto:

1. Ginseng

Juga dikenal sebagai ‘raja tumbuhan’, ginseng adalah adaptogen, alias zat yang membantu tubuh bereaksi terhadap stres dan menjaganya tetap seimbang. “Ini membantu tubuh mengelola fungsinya selama stres dan membantu mencegah proses penuaan,” kata Dr. Shing Ni.

Selain itu, ginseng juga antiinflamasi, sehingga berguna untuk mendukung kesehatan dan menangkal penyakit kronis yang dapat berdampak pada umur panjang.

Cara pemakaian: Ginseng bisa diolah menjadi jus dan teh. Dan juga bisa dinikmati dalam bentuk kapsul atau tablet, sehingga lebih mudah untuk digabungkan dengan makanan apa pun.

2. Astragalus

Tanaman Cina ini adalah ‘pembangkit tenaga listrik’ dalam hal melindungi sistem kekebalan tubuh, terutama seiring bertambahnya usia. Tanaman ini secara tradisional digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, dan gangguan termasuk kanker dan disfungsi jantung.

"Manfaat lainnya adalah membantu mengatur fungsi kekebalan tubuh," kata Dr. Shing Ni. Meskipun penelitian ilmiah yang meyakinkan tentang manfaat tanaman ini masih sedikit. Perlu diketahui bahwa astragalus umumnya aman dikonsumsi dalam dosis kecil, namun berpotensi dapat berinteraksi dengan obat penekan kekebalan.

Cara menggunakannya: Akar kering astragalus dapat ditambahkan ke kaldu apa pun untuk merapikan rasa sup. Kunjungi Chinatown lokal untuk menemukan sayuran hijau ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement