Ahad 07 Feb 2021 15:15 WIB

Berjalan Kaki Rutin Bisa Meningkatkan Kreatifitas

Semakin aktif seseorang, maka semakin banyak ide kreatif yang bisa mengalir.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Gita Amanda
Berjalan kaki (ilustrasi). Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Laporan Ilmiah menunjukkan, jika kita ingin meningkatkan kreativitas dan memacu diri sendiri, kita harus lebih banyak berjalan atau melakukan jenis olah raga ringan lainnya setiap hari.
Foto:

Dilansir laman Eat This, berikut beberapa manfaat berjalan kaki:

1. Dapat membantu menurunkan kadar gula darah

Ingin menstabilkan gula darah? Ambil putaran cepat di sekitar blok setelah makan malam. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetologia pada 2016 menemukan hanya berjalan kaki 10 menit setelah makan membantu penderita diabetes tipe 2 menurunkan kadar gula darah mereka.

2. Dapat mengurangi stres

“Memiliki jadwal jalan kaki yang teratur bisa bagus untuk kesehatan. Saya tidak hanya berbicara tentang fisik, tetapi juga kesehatan mental kita,” ujar Kepala Nutrisi untuk Nucific, Dr. Amy Lee. Menurutnya, dengan berjalan kaki, kita bisa memiliki perasaan pencapaian dengan membakar kalori, sehingga dapat menurunkan stres harian. Kita pun bisa membiarkan tubuh mengeluarkan endorfin alami yang merupakan hormon 'perasaan baik'.

3. Dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Jalan kaki secara teratur dapat membantu mencegah kondisi seperti diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi.

4. Dapat menjaga tulang tetap kuat

Menjaga kesehatan tulang sangat penting saat kita bertambah tua. Berjalan secara teratur akan membuat tulang dan otot kita lebih kuat.

5. Dapat membantu mengekang keinginan makan gula

Sebuah studi yang dilakukan pada  2009 yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menemukan, jalan cepat selama 15 menit membantu mengekang keinginan makan cokelat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement