Selasa 26 Jan 2021 10:18 WIB

Oxford: Azithromycin-Doxycycline tak Efektif Lawan Covid-19

Dua antibiotik untuk infeksi pernapasan tampak tak efektif lawan Covid-19.

Ilustrasi Covid-19. Kabar buruk datang dari peneliti Oxford University, Inggris. Mereka mengungkap, antibiotik azithromycin dan doxycycline yang banyak digunakan secara umum tidak efektif melawan Covid-19 pada tahap awal.
Foto:

Pengujian PRINCIPLE sedang mengevaluasi berbagai pengobatan Covid-19 potensial yang mungkin sesuai dilakukan di rumah selama 14 hari pertama untuk membantu pasien sembuh lebih cepat dan mencegah tingginya pasien rawat inap.

"Meski mengecewakan ... ini menjadi temuan penting yang akan mengurangi penggunaan antibiotik yang tak efektif untuk penyakit ini," kata Richard Hobbs, yang juga mengetuai PRINCIPLE.

Pada kelompok pengujian azithromycin, sebanyak 526 orang diberikan obat tersebut dan dibandingkan dengan 862 relawan yang diberikan pengobatan biasa. Sementara, di kelompok lain, 798 relawan diberikan doxycyclin dan dibandingkan dengan 994 pasien lainnya yang menerima perawatan standar, menurut Oxford.

Pihak Oxford menambahkan bahwa analisis dan rincian lebih lanjut dari pengujian tersebut akan segera diterbitkan dalam jurnal yang ditinjau rekan sejawat.

sumber : Antara, Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement