Selasa 26 Jan 2021 08:48 WIB

Minyak Kayu Putih dan Uap Air Panas Bukan Obat Covid-19

Dr Adam Prabata mengingatkan untuk tak mencampur minyak kayu putih dalam minuman.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Banyak hoaks seputar pencegahan dan pengobatan Covid-19 yang beredar di masyarakat, termasuk soal klaim kasiat minyak kayu putih dan uap air panas.
Foto:

Adam juga mengingatkan untuk tidak pernah meminum atau mencampurkan minyak kayu putih pada minuman, seperti teh atau lainnya. Minyak kayu putih hanya boleh dihirup atau dioleskan di punggung dan bagian lain tubuh lain yang intinya tidak untuk diminum.

“Banyak yang lapor ke saya juga bahwa dia memasukkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam minumannya. Saya tegaskan, itu dilarang. Simpelnya gini, coba saja lihat di kemasan kayu putih, di situ tertera bahwa itu adalah obat luar,” kata Adam.

Banyaknya informasi bohong dan tidak tepat tentang Covid-19 memang cukup meresahkan. Karenanya, Adam meminta kepada semua masyarakat untuk terus-menerus membentengi diri dengan rajin memverifikasi setiap informasi yang diperoleh jangan langsung dipercaya atau disebarkan lagi.

“Sekarang tuh orang-orang cenderung ingin menjadi yang paling tahu. Jadi, pas ada informasi soal Covid-19, padahal nggak tahu kebenarannya, ia langsung membagikan saja. Mulai sekarang yuk kita lebih cerdas dalam memfilter informasi hoaks,” kata Adam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement