Sabtu 23 Jan 2021 08:45 WIB

Penanganan Covid-19 Dimulai dari Mengobati Gejalanya

Covid-19 memengaruhi tiap orang dengan cara yang berbeda, gejalanya pun berbeda.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi Covid-19. Ketika seseorang positif Covid-19, mereka dapat mengonsumsi obat yang disesuaikan dengan keluhan untuk sementara. Akan tetapi, berikutnya mereka tetap harus mengonsultasikan obat yang akan diminum.
Foto:

Menurut Agus, orang yang diduga menunjukkan gejala ringan Covid-19 tidak perlu dirawat di rumah sakit. Dalam kondisi tersebut, masyarakat perlu memahami bahwa mereka harus menjaga jarak dan tidak ke luar rumah.

Andaikan seseorang menunjukkan gejala berat atau cukup parah, tetaplah tenang dan tidak panik. Coba telaah riwayat bepergian atau aktivitas yang dilakukan sebelumnya.

photo
Daftar obat yang diberikan untuk pasien Covid-19. - (Republika)

Apabila sehabis bepergian ke negara dengan wabah Covid-19 tinggi, sebaiknya perlu waspada. Demikian juga bila curiga gejala tersebut mengarah pada Covid-19, ada baiknya segera melakukan antisipasi.

Agus mengatakan, orang yang mengalami gejala cukup parah dan mengarah ke Covid-19 tidak disarankan menuju fasilitas kesehatan manapun. Masyarakat harus menelepon 119 ekstensi 9 untuk mendapatkan panduan dengan tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement