Sabtu 23 Jan 2021 08:35 WIB

Apa Itu Seduh Kopi Pour Over?

Pour over termasuk paling digemari barista hingga penyeduh rumahan saat ini.

Pour over adalah salah satu metode menyeduh kopi manual yang digemari saat ini.
Foto: Free-Photos from Pixabay
Kedai kopi spesialti.

Era Kopi Spesialti

Chemex dan perangkat pour over lain sempat mencicipi sukses besar pada 1990an. Namun popularitasnya sempat menurun. Ia kemudian dirangkul kembali oleh pegiat  kopi spesialti pada era tahun 2000-an. Era ini dikenal sebagai masanya "Gelombang Ketiga" atau Third Wave Coffee

Pada era ini perhatian pada kopi telah bergerak lebih serius, detail, dan tambah personal. Biji kopi bahkan sudah diidentifikasi sampai ke asalnya, siapa petaninya, bagaimana cara diprosesnya, hingga karakter cita rasa dan aroma yang kemudian dimilikinya.

Penyeduh pun semakin mendalami beragam metode seduh yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan hasil seduhan kopi-kopi tersebut.

Pour over kembali harum di masa ini karena memungkinkan penyeduh mengontrol hasil seduhannya secara manual. Ia, dengan teknik dan kemampuan tertentu, dapat menghasilkan secangkir kopi dengan cita rasa dan aroma kompleks, ringan, dan jernih.

Pada era dimana rasa dan mutu adalah yang utama, pour over salah satu yang digandrungi. Trennya berlanjut hingga sekarang.

photo
Seorang wanita belajar menyeduh kopi pour over. - (Ryan Hidajat from Pixabay)

 

Cara Seduh  

Cara seduh manual dengan metode pour over secara umum sederhana. Taruh filter di dalam penampung (misalnya dripper), bubuhkan kopi ke dalam filter, lalu tuangkan air panas, dan tunggu larutannya menetes ke wadah, teko, atau cangkir.

Hanya saja ketika bicara kualitas kopi yang ingin dihasilkan, dibutuhkan beberapa pengetahuan dasar tentang ekstraksi kopi.

Seperti disebutkan sebelumnya, beberapa faktor dapat mempengaruhi rasa dan hasil seduhan dalam pour over. Mulai dari kehalusan gilingan biji kopi, kualitas air, suhu air, lama kontak air dan kopi, hingga rasio air dan kopinya. (Baca: Anda Tim Bubuk Atau Biji Kopi?)

Jika Anda tidak memperhatikan tingkat kehalusan/kekasaran gilingan biji kopi, dan belajar cara menuangkan airnya secara baik misalnya, kopi dapat terasa kurang menyenangkan.

Namun, mempelajari teknik pour over cukup mudah. Apalagi, saat ini banyak referensi belajar yang bisa diakses. Sudah banyak tutorial cara menyeduh kopi pour over yang beredar di media sosial seperti Youtube atau di situs-situs web khusus kopi.

Republikopi pun bakal membahas beberapa teknik menyeduh kopi menggunakan metode ini dalam artikel-artikel berikutnya. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Cara Simpan Biji Kopi Sangrai yang Benar)

sumber : The World Atlas of Coffee, perfectdailygrind.com, melitta.com, nytimes.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement