Rabu 13 Jan 2021 05:07 WIB

Deretan Film Animasi Lokal tak Kalah dengan Bikinan Luar

Alur cerita film animasi Indonesia beragam.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Deretan Film Animasi Lokal tak Kalah dengan Bikinan Luar. Animasi Nussa dan Rara.
Foto:

The Battle of Surabaya (Pertempuran Surabaya)

Film yang rilis 2014 memiliki latar belakang perjuangan Indonesia saat perang Surabaya. Film tersebut merupakan produksi MSV Pictures dan karya perdana sutradara muda, Aryanto Yuniawan. Selain itu, Aryanto juga berperan sebagai produser dan penulis. Pertempuran Surabaya menampilkan visualisasi animasi 2D kala tahun 1945.

Film ini menceritakan petualangan seorang bocah lelaki bernama Musa. Musa adalah remaja tukang semir sepatu yang menjadi kurir bagi pejuang arek-arek Suroboyo dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Musa diberi kepercayaan  untuk mengirim surat dan kode-kode rahasia untuk mengalahkan musuh. Berbagai peristiwa dilalui Musa saat mengemban tugasnya.

Penonton akan tenggelam dalam suasana tegang sekaligus mengharukan. Animasi yang dibuat STMIK Amikom juga menghadirkan visualisasi suasana perang yang detail, seperti saat adegan bom dan cuplikan pidato Bung Tomo.

Tak heran, banyak penghargaan yang didapat dari ajang kompetisi internasional, seperti Best Film di Amsterdam International Filmmaker Festival 2018, Best Animation Film di European Cinematography Awards (ECA), dan Best Animation Film di Calcutta International Calcutta International Cult Film Festival. Dilansir laman IMDb, film ini mendapat rating 7,2 dari 10. Jika ingin menonton, bisa melihat trailernya yang diunggah di akun Youtube MSV Studio.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement