Rabu 13 Jan 2021 06:05 WIB

Plasma Konvalesen tak Bermanfaat untuk Pasien Covid-19 Parah

Peneliti sebut tak ada manfaat pemberian plasma konvalesen pada kasus Covid-19 parah.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang penyintas Covid-19 mendonorkan plasma darahnya di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020). Penelitian skala internasional menemukan bahwa pemberian plasma konvalesen tidak bermanfaat bagi pasien Covid-19 yang sakit parah.
Foto:

REMAP-CAP adalah uji klinis internasional yang mengeksplorasi pengobatan potensial untuk Covid-19. Uji klinis tersebut telah merekrut 4.100 pasien Covid-19 di lebih dari 290 situs klinis di seluruh Eropa, Amerika, Asia, Afrika, dan Australasia.

"Alasan plasma konvalesen tampaknya tidak meningkatkan hasil pada pasien Covid-19 yang sakit parah dan dirawat di ICU belum diketahui. Namun, itu mungkin karena kerusakan paru-paru terlalu parah,” kata Dokter Perawatan Kritis dan Profesor Université Laval di Kanada, Alexis Turgeon.

Temuan terpisah dari REMAP-CAP pada pekan lalu menunjukkan bahwa merawat pasien Covid-19 yang sakit kritis dengan Roche's Actemra atau obat artritis Kevzara Sanofi secara signifikan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dan mengurangi jumlah waktu pasien untuk membutuhkan perawatan intensif. Uji coba ini juga melihat efek potensial dari berbagai terapi lain yang ada, termasuk obat antikoagulasi, agen antiplatelet, antibiotik, statin, dan vitamin C.

Hipotesis yang mendasari penggunaan plasma konvalesen sebagai pengobatan potensial untuk pasien Covid-19 adalah antibodi yang dikandungnya dapat menetralkan virus, menghentikannya mereplikasi, dan menghentikan kerusakan jaringan. Peneliti REMAP-CAP menemukan, manfaat pemberian plasma konvalesen memiliki probabilitas sangat rendah (2,2 persen) untuk mengurangi angka kematian atau mengurangi jumlah hari dirawat pada pasien yang membutuhkan perawatan intensif.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement