Ahad 10 Jan 2021 14:46 WIB

Pemeriksaan Genetik Bisa Jadi Solusi Kesehatan Personal

Pemeriksaan genetik dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Pemeriksaan genetik dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan tubuh (Foto: ilustrasi)
Pemeriksaan genetik dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan tubuh (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu anak perusahaannya, Kalgen Innolab, meluncurkan pemeriksaan genetik terbaru, yaitu FitGENME pada Sabtu (9/1). Ini terdiri dari dua pemeriksaan, yaitu FitGENME Diet dan FitGENME Sports.

Clinical Dietitian & Sports Nutritionist, Emilia E Achmadi menyampaikan, pemeriksaan gen ini hanya dilakukan seumur hidup dan bisa dijadikan blueprint untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan tubuh sendiri. Karenanya pemeriksaan DNA ini sangat penting untuk menjawab permasalahan tubuh dan penyakit masyarakat.

Baca Juga

“FitGENME Diet maupun FitGENME Sports juga bisa membantu dokter dan healthcare professional dalam merancang suatu tatalaksana dan solusi yang sangat personal untuk setiap individu. Saya berharap FitGENME bisa menjawab semua permasalahan dan kebutuhan masyarakat terkait kesehatan dan penampilan yang prima dengan solusi yang tepat sasaran,” kata Emilia dalam konferensi pers peluncuran FitGENME pada Sabtu (9/1).

Dia menjelaskan, FitGENME Diet merupakan pemeriksaan genetik yang lebih spesifik dan fokus pada risiko obesitas dengan mengetahui profil genetik metabolisme tubuh pasien terhadap nutrisi-nutrisi seperti gula/karbohidrat, protein, serta lemak. Kemudian pasien juga akan diberikan rekomendasi pola makan, mikronutrisi (vitamin dan mineral) serta olahraga yang tepat sesuai kondisi profil genetik pasien.

Sedangkan FitGENME Sports merupakan pemeriksaan genetik yang lebih spesifik dan fokus pada tipe olahraga yang paling sesuai dengan tubuh pasien antara olahraga tipe endurance atau Power and Strength ataupun Balance.

Pemeriksaan FitGENME cukup mudah hanya dengan menggunakan air ludah (kandungan DNA dari dinding mukosa mulut) dan ditampung dalam kit lengkap dengan pengawetnya. Hasil tes akan tersedia secara online di website FitGENME 4-6 minggu setelah sampel diterima oleh Laboratorium.

Seluruh hasil pemeriksaan genetik yang diterima selanjutnya akan dikonsultasikan dengan dokter gizi yang akan memberikan rekomendasi meal plan dan olahraga yang tepat bagi pasien untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

“Jika Anda ingin melakukan tes DNA pastikan melihat bagaimana laboratoriumnya, integritas dokter dan lembaganya, serta follow up dari dokter dalam membantu menjelaskan hasil tes. Dan FitGENME ini menjadi pemeriksaan gen yang memenuhi kriteria tersebut,” kata Emilia.

Direktur Kalgen Innolab Henry Sukardi mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan Genesis Healthcare Jepang dalam mengembangkan FitGENME di Indonesia. Untuk pemeriksaannya sendiri mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat sehingga menunjang pola hidup yang lebih sehat

”Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik bagi masyarakat, salah satunya dengan mengajak masyarakat Indonesia memahami pemeriksaan genetik untuk memberikan solusi secara personal terhadap kesehatan,” ujar Henry.

Gumanti Awaliyah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement