Jumat 08 Jan 2021 19:44 WIB

Anda tak Masuk Kriteria Penerima Vaksin Sinovac?

Orang dengan kondisi tertentu tidak bisa menjadi penerima vaksin Sinovac.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan mencentang kotak berisi vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China saat mereka tiba di Bali, Indonesia pada Kamis, 7 Januari 2021. Tidak semua orang memenuhi kriteria untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac.
Foto:

Di samping itu, relawan vaksin Sinovac juga bukan merupakan orang yang pernah terdiagnosis Covid-19. Mereka juga tidak sedang hamil.

Artinya, orang yang pernah terinfeksi dan sembuh dari Covid-19 dan ibu hamil, memang bukanlah orang-orang yang masuk dalam kriteria peserta vaksin Covid-19 Sinovac. PAPDI merekomendasikan hal tersebut karena kriteria-kriteria tersebut belum memiliki bukti ilmiah efikasi vaksin Sinovac.

“Para peserta uji klinis vaksin Sinovac adalah orang yang sehat, sehingga yang kami bisa berikan rekomendasikan adalah orang-orang yang memiliki kriteria yang diujikan. Jadi bukan berarti tidak bisa ikut, tapi mungkin memang tidak ikut gelombang pertama vaksin,” tutur Sally.

Dengan berbagai macamnya jenis vaksin Covid-19 yang akan didatangkan oleh Pemerintah Indonesia, maka Sally meyakini akan ada beberapa gelombang pemberian vaksin kepada masyarakat Indonesia. Orang-orang yang tak masuk dalam kriteria pemberian vaksin Sinovac, tak menutup kemungkinan bisa masuk ke dalam kriteria vaksin Covid-19 jenis lainnya, pada gelombang lainnya.

“Kesesuaian kriteria orang dengan vaksin itu berdasarkan uji klinis masing-masing vaksin. Kami dari dokter tidak mau memberikan rekomendasi untuk sesuatu yang tidak ada bukti ilmiahnya. Bukti ilmiah efikasi dan keamanannya adalah yang paling penting,” jelas Sally.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement