Rabu 06 Jan 2021 02:39 WIB

Resolusi Sehat yang Pasti Bisa Diterapkan

Ada banyak cara menyenangkan untuk diterapkan dalam usaha meningkatkan kesehatan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pengunjung bermain permainan 5 Pilar. Bermain gim juga dapat meningkatkan kesehatan mental.
Foto:

Nikmati akhir pekan

Para peneliti di AS menemukan bahwa hanya dengan mengikuti mantra perlakukan akhir pekan ini seperti liburan membuat pekerja mendapatkan istirahat yang lebih menyenangkan. Menikmati akhir pekan dengan berkualitas juga mendatangkan peningkatan pada kesehatan mental.

Rekan penulis studi tersebut, Colin West, dari University of California, AS, mengatakan, orang merasa terburu-buru. Sepertinya, mereka memiliki terlalu banyak hal untuk dilakukan dan tidak cukup waktu untuk melakukannya.

Menjadi relawan

Penelitian menunjukkan bahwa bergabung dan menjadi sukarelawan menurunkan stres dan tekanan darah kita. Sebuah penelitian di Atlanta, AS juga menemukan orang tua yang memberikan waktu hanya dua jam sepekan untuk menjadi sukarelawan mengurangi kecacatan fisik mereka karena mereka kurang duduk.

Pelihara tanaman

Penelitian menunjukkan waktu yang dihabiskan di luar ruangan meningkatkan kesehatan secara umum. Sebuah penelitian di AS menemukan keberadaan tanaman rumah menurunkan stres, sementara merawat tanaman dan menyiraminya menenangkan sistem saraf dan menurunkan tekanan darah.

Penelitian ini juga menemukan orang-orang yang bekerja di dekat pabrik melaporkan fokus, kepuasan, dan kualitas udara yang lebih besar berkat memelihara tanaman.

Bersihkan ponsel Anda

Penelitian yang tak terhitung jumlahnya telah menemukan ponsel adalah sarang kuman. Ahli mikrobiologi meyakini bakteri di ponsel lebih banyak antara tujuh hingga sepuluh kalidaripada dudukan toilet

Maraton

Penelitian dari Journal of American College of Cardiology menemukan orang yang berlatih maraton mengalami penurunan tekanan darah dan pengerasan aorta yang setara dengan penurunan usia vaskular selama empat tahun.

Cobalah yoga

Sebuah studi di Oregon menemukan yoga dan meditasi meredakan gejala dari 28 pasien dengan nyeri kronis dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik mereka.

Audio book

Peneliti universitas AS, dari Harvard dan Pennsylvania, menemukan olahragawan yang mendengarkan buku audio di gym berolahraga 51 persen lebih sering daripada mereka yang tidak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement