Selasa 05 Jan 2021 19:17 WIB

Cara Membuat Pupuk Organik dari Sisa Bahan Makanan di Dapur

Sayuran dan kulit buah yang sudah terlalu matang atau tidak segar bisa jadi pupuk

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda
Sampah sisa makanan.
Foto: Flickr
Sampah sisa makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Bahan sisa makanan yang tidak terpakai jangan langsung dibuang ke tempat sampah. Sebab, bahan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Hal ini juga merupakan cara yang efektif dan ramah lingkungan. Selain itu, Anda juga dapat menghemat pengeluaran membeli pupuk untuk tanaman di rumah.

Dilansir dari laman Medium.com, adapun langkah membuat sendiri pupuk organik dari limbah dapur yaitu :

Baca Juga

1. Pilih Bahan Sisa Makanan

Sayuran dan kulit buah yang sudah terlalu matang atau tidak segar lagi bisa dijadikan pupuk organik. Letakkan bahan sisa makanan ini di area yang dikeringkan dengan baik dan terbuka. Lalu, taburkan abu kayu untuk mempercepat proses pengomposan.

Jangan sekali-sekali memasukkan sisa bahan makanan yang berminyak, daging berlemak dan produk susu dalam bahan pengomposan Anda. Sebab, hal itu akan membuat tumpukan kompos Anda menjadi kotor dan menimbulkan bau yang mengganggu.  

2. Tambahkan Bahan Organik Lain

Selain abu kayu, Anda juga bisa menambahkan serbuk gergaji pada pupuk untuk membantu mempercepat proses pengomposan. Bisa juga tambahkan kotoran hewan kambing ke pupuknya. Jika Anda tidak memiliki serbuk gergaji atau pupuk kandang di rumah, Anda dapat membelinya di toko perlengkapan berkebun.

3. Kumpulkan Daun Kering

 

Untuk menghasilkan pupuk yang kaya nutrisi, Anda juga perlu menambahkan sedikit limbah alami ke pupuk. Anda dapat melakukannya dengan mengumpulkan daun kering dan rumput dari taman. Saat memotong rumput, semua sampah organik akan tersedot dan tercampur di dalam kantong mesin pemotong rumput. Hasil rumputnya bisa dipindahkan ke dalam wadah kompos Anda.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement