Senin 04 Jan 2021 10:39 WIB

Sejarawan Ulas Lagu Rock n Roll Pertama

Selama ini Rocket 88 disebut-sebut sebagai lagu rock pertama yang pernah direkam.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
The Rollies, grup musik jazz rock asal Bandung, Jawa Barat. Perdebatan tentang lagu rock n roll pertama yang direkam terus bergulir sepanjang dekade.
Foto:

Itu menandakan "Rocket 88" menjadi salah satu acuan pertama yang memuat nilai ikonik dari sebuah lagu rock n roll klasik. Referensi definitif ini memang menantang, karena rock n roll muncul dari kedalaman blues dan juga R&B.

Berbicara tentang lagu tersebut, Ike Turner menerima label pencipta lagu rock n roll pertama, tetapi secara pribadi dia menganggap "Rocket 88" adalah R&B. Lagunya hanya memicu penyebab keberadaan berbagai lagu rock n roll lain.

Dia bercerita, suatu ketika produser musik Sam Phillips meminta disjoki Dewey Phillips, untuk memainkan "Rocket 88" pada programnya. Itu seperti lagu rekaman kaum kulit hitam pertama yang diputar di stasiun radio kulit putih.

Ternyata, semua anak kulit putih keluar ke toko kaset untuk membelinya. Popularitas tersebut membuat Sam mendapat ide untuk memproduksi karya-karya dari Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, dan deretan musisi lain yang menyematkan label rock n roll.

"Inilah alasan saya berpikir "Rocket 88" bukan lagu rock n roll yang pertama, tapi lagu ini yang menyebabkan kemunculan lagu-lagu rock pertama," kata Turner, dikutip dari laman Far Out Magazine, Senin (4/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement