Sabtu 02 Jan 2021 11:16 WIB

Kenali Efek Samping Vaksin pada Pengguna Facial Filler

Tiga pengguna facial filler dilaporkan alami efek samping vaksin Moderna.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna. FDA melakukan review literatur dan menemukan laporan sebelumnya di mana orang-orang dengan suntikan dermal filler bereaksi terhadap vaksinasi dengan pembengkakan wajah sementara.
Foto:

Terpisah, menurut Purvi Parikh, MD, seorang ahli alergi dan imunologi di NYU Langone Health, hingga kini memang tidak ada mekanisme yang tepat yang menyebabkan respons ini. Namun, dokter meyakini bahwa ini adalah reaksi inflamasi.

"Filler adalah benda asing dan ketika sistem kekebalan tubuh Anda beralih karena vaksin, itu akan masuk akal bahwa daerah yang memiliki benda asing yang biasanya tidak ada di tubuh Anda juga akan mengalami peradangan. Ini karena sistem kekebalan tubuh Anda dirancang untuk melawan zat asing," kata Dr. Parikh.

Menurut Dr. Parikh, efek samping itu tidak hanya terjadi pada vaksinasi Covid-19. Vaksinasi terhadap virus, seperti flu biasa, influenza, dan lainnya juga diketahui memicu pembengkakan. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh diaktifkan.

"Dan jika Anda alergi terhadap obat, ini bisa memicu respons serupa di filler Anda. Hal ini juga bisa terjadi dengan jenis vaksin lainnya," kata Dr. Parikh.

Berdasarkan pemaparan, meski ada laporan individu yang memiliki efek samping, diketahui juga ada beberapa kelompok dengan predisposisi genetik tertentu yang bisa membantuk reaksi kekebalan tubuh.  Meski demikian, tetap saja karena situasi Covid-19 yang masih terus berkembang, mungkin ada beberapa data yang telah berubah sejak dipublikasikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement