Ahad 27 Dec 2020 00:40 WIB

Studi: Vitamin D Bisa Atasi Dampak Covid-19

Sembilan dari 10 kematian akibat Covid-19 dapat dicegah kalau kadar vitamin D cukup.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Reiny Dwinanda
Vitamin D telah digunakan sebagai bagian dari pengobatan Covid-19 di rumah sakit Amerika Serikat.
Foto:

Beberapa rumah sakit di seluruh Amerika telah menggunakan vitamin sebagai bagian dari pengobatan Covid-19, bukan hanya pencegahan. Menurut Osborne, banyak dokter kini mempelajari hal itu dan menyarankan vitamin D sebagai bentuk pengobatan. Di Sekolah Kedokteran Virginia Timur ada protokol Covid-19 yang mencakup Vitamin D.

Karena itu, menurut Osborne, orang yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 secara otomatis akan diberi antara 20 ribu dan 60 ribu unit vitamin D sebagai bagian dari standar protokol perawatan di rumah sakit. Osborne lantas menegaskan bahwa vitamin D adalah salah satu cara paling sederhana dan terjangkau untuk membantu orang-orang tetap sehat.

"Vitamin D sangat murah. Anda bisa membelinya di toko nutrisi setempat, dan mungkin bisa menyelamatkan hidup Anda, jika Anda sakit," katanya.

"Dengan vitamin D, ada terapi yang dapat dilakukan yang saya rekomendasikan, dan itu 1.000 unit internasional (IU) vitamin D per kg. Jadi jika Anda 45 kg, Anda akan mengonsumsi 100 ribu IU vitamin D selama tiga hari. Setelah itu, Anda tidak perlu terus-menerus mengonsumsi dosis yang lebih tinggi itu, tetapi tiga hari vitamin D dosis tinggi akan meningkatkan kadar vitamin D serum Anda ke tingkat yang memadai," jelas Osborne.

Lebih lanjut, Osborne menekankan bahwa setiap orang harus berpikir untuk meningkatkan sistem kekebalan mereka menggunakan empat suplemen berbeda, yakni vitamin C, vitamin D, Seng (Zinc), dan Quercetin, bioflavonoid alami yang membuka sel-sel di tubuh sehingga seng dapat masuk ke dalam.

Beberapa rumah sakit bahkan sudah merawat pasien Covid dengan keempat suplemen tersebut. Selain itu, Osborne juga menyarankan beberapa sumber makanan vitamin D seperti minyak ikan kod, ikan berlemak, dan jamur. Menurutnya, sumber makanan demikian dapat membantu orang-orang mencapai tujuan untuk mencapai tunjangan harian yang direkomendasikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement