Rabu 23 Dec 2020 05:45 WIB

9 Jenis Herbal yang Bantu Hilangkan Stres

Ramuan herbal yang tepat dapat menjadi penyeimbang ketika stres.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Foto: ilustrasi teh herbal
Foto: www.freepik.com
Foto: ilustrasi teh herbal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun masa liburan adalah waktu menyenangkan, tetap ada bagian melelahkan dan aspek yang membikin stres. Dengan berbagai kerepotan persiapan dan perjalanan, konsumsi bahan herbal bisa membantu untuk tetap tenang.

Ramuan herbal yang tepat dapat menjadi penyeimbang ketika tubuh merasa lelah, kewalahan, atau menghasilkan terlalu banyak hormon stres. Berikut sembilan bahan herbal yang bisa jadi opsi, dikutip dari laman EcoWatch, Selasa (22/12).

Baca Juga

 

1. Ashwagandha

Berbagai studi telah membuktikan bahwa tanaman obat kuno asal India ini mampu menangkal stres kronis dan menurunkan produksi kortisol. Ashwagandha biasanya diminum dalam bentuk suplemen dan dianjurkan meminumnya secara berkala.

 

2. Akar astragalus

Herbal adaptogen (yang bekerja melawan efek stres) lain adalah akar astragalus. Pengobatan tradisional Cina memanfaatkan bahan alami ini selama ribuan tahun. Penelitian modern sepakat astragalus efektif menjauhkan stres.

 

3. Kamomil

Bahan herbal ini bisa diseduh dengan teh atau dimanfaatkan dalam wujud minyak esensial. Kamomil kaya antioksidan seperti terpena dan flavonoid. Khasiatnya yakni menangkal flu, memperbaiki kualitas tidur, dan mencegah depresi pascamelahirkan.

 

4. Cordyceps

Cordyceps adalah sejenis jamur yang tumbuh di pegunungan Himalaya. Tidak hanya manjur menenangkan respons stres dengan cara menekan jumlah kortisol dalam tubuh, cordyceps juga menguatkan imun tubuh dan meningkatkan energi.

 

5. Ginseng

Ginseng membuat pikiran menjadi tenang, memperbaiki memori, dan mengurangi respons stres. Ada sejumlah jenis ginseng, tapi yang banyak digunakan untuk terapi stres adalah Panax, seperti telah dibuktikan dalam studi terbitan 2010.

 

6. Daun tulsi

Daun tulsi alias holy basil lazim digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Beberapa manfaatnya yakni memperlambat penuaan dini, mengobati penyakit kulit, mencegah flu, meningkatkan aspek kognitif, serta mengurangi stres.

 

7. Lavender

Nama ini tentunya tidak asing, karena banyak dipakai sebagai bahan utama produk kesehatan. Studi 2016 memaparkan bukti menjanjikan bahwa lavender bisa menekan stres, kecemasan, dan depresi, selain memiliki sifat antiradang, antivirus, dan antibakteri.

 

8. Passiflora

Penggunaan ekstrak passiflora ditengarai efektif untuk penanganan terhadap pasien gangguan kecemasan umum (GAD). Bahan herbal alami ini memang menekan tingkat stres dan kecemasan, juga membantu tidur lebih nyenyak.

 

9. Rhodiola rosea

Rhodiola rosea adalah adaptogen kuat yang meningkatkan resistensi tubuh terhadap stres. Studi membuktikan bahan herbal ini menaikkan kinerja mental di bawah tekanan dan menjauhkan stres serta sindrom kelelahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement