Senin 21 Dec 2020 12:08 WIB

4 Sumber Vitamin A Selain Wortel

Selain untuk mata, vitamin A memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Selain untuk mata, vitamin A memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh (Foto: ilustrasi vitamin)
Foto: picpedia.org
Selain untuk mata, vitamin A memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh (Foto: ilustrasi vitamin)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh kita membutuhkan campuran nutrisi yang seimbang agar tetap berfungsi. Vitamin A merupakan salah satu senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dosis asupan vitamin A yang dianjurkan pada pria adalah 900 mcg, wanita 700 mcg dan remaja serta anak-anak 300-600 mcg.

Beberapa manfaat vitamin A antara lain menurunkan risiko rabun senja, membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu kulit dengan mencegah dan mengurangi jerawat. Vitamin A juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan risiko kanker.

Baca Juga

Vitamin A dapat ditemukan pada tumbuhan dan hewan. Retinol (juga dikenal sebagai vitamin A1) hanya ditemukan pada makanan yang berasal dari hewan. Berikut empat makanan kaya vitamin A selain wortel yang harus dikonsumsi, seperti dilansir dari Times Now News, Senin (21/12).

1. Paprika

Paprika hijau dan merah sarat dengan vitamin A. Paprika juga merupakan sumber antioksidan dan kalsium yang baik. Karena mereka adalah sumber serat, folat, zat besi dan rendah kalori, Anda dapat menanam paprika dalam makanan Anda dengan menambahkannya ke pasta, salad, dan lainnya.

2. Susu

Susu, terutama susu skim memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Susu, bersama dengan vitamin A, juga merupakan sumber yang kaya magnesium, kalsium, dan vitamin D. Susu dapat membantu meningkatkan dan meningkatkan kesehatan tulang. Menjadi sumber protein yang kaya, juga membantu dalam mengatur berat badan.

3. Brokoli

Brokoli termasuk dalam daftar sayuran paling sehat. Selain kaya akan vitamin A, brokoli juga kaya akan vitamin B, C, E, dan K.Ini adalah pilihan yang sehat dan mudah untuk ditambahkan dalam makanan harian Anda karena juga merupakan sumber protein, serat, kalsium, zat besi, kalium, magnesium, dan selenium.

4. Makanan laut

Ikan seperti mackerel, belut, salmon, dan tuna populer karena kaya akan asam lemak omega 3. Makanan laut juga merupakan sumber vitamin A, yang dapat berkontribusi besar untuk kesehatan retina.

5. Wortel

Wortel adalah sumber senyawa bernama beta-karoten yang sangat baik. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A. Mereka dapat membantu menurunkan risiko katarak dan meningkatkan kesehatan mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement