Senin 14 Dec 2020 14:45 WIB

Ini yang Terjadi Bila Makan Pisang Setiap Hari

Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat (Foto: ilustrasi pisang)
Foto: Wallpaper Flare
Mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat (Foto: ilustrasi pisang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi penyuka buah pisang nampaknya bisa sedikit lebih lega. Pasalnya, mengonsumsi pisang setiap hari bisa membuat tubuh sehat dan jauh dari dokter.

Jika makan pisang secara teratur ternyata membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan kata lain, makan pisang dalam satu hari jelas merupakan cara untuk tetap sehat. Namun, meski sehat, tetap tidak boleh berlebihan.

Baca Juga

Menurut Healthline, dilansir Senin (14/12), rekomendasi dari pakar hanya memperbolehkan mengonsumsi satu atau dua buah pisang sehari, tidak lebih dari itu. Makan terlalu banyak makanan apa pun, bahkan yang sehat seperti pisang, dapat menyebabkan penambahan berat badan atau kekurangan nutrisi.

Berikut manfaat sehat yang bisa didapat saat mengonsumsi pisang setiap hari.

Menyehatkan usus

Menurut tinjauan studi tahun 2017 di Nutrition Bulletin, pisang mengandung pati resisten yang berfungsi meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek. Kandungan ini penting untuk kesehatan usus. Mengonsumsi pisang bisa menstabilkan usus dan menyediakan nutrisi untuk mikrobioma.

Menurunkan berat badan

Manfaat yang jangan pernah diremehkan dari makan pisang setiap hari adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Dikemas dengan serat dan protein, pisang akan membuat Anda kenyang lebih lama, meskipun per potongnya hanya 100 kalori.

Memperbaiki kulit

Pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Itu semua karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalam pisang, khususnya meningkatkan kadar kolagen. Pakar bahkan menyarankan masker wajah pisang.

Menambah energi

Saat dimakan sebelum atau setelah berolahraga, pisang dapat berperan penting dalam meningkatkan energi. Jangan heran bila sering mengonsumsi pisang tidak akan merasa lelah sepanjang hari.

Hasil dari studi PLOS One 2012 pada atlet pria menemukan bahwa mereka yang mengisi bahan bakar dengan minuman olahraga setiap lima belas menit, dibandingkan dengan pisang dan air, memiliki performa yang lebih buruk secara keseluruhan dalam balapan bersepeda jarak jauh. Oleh karena itu, ada korelasi langsung antara makan pisang dan peningkatan tingkat energi pada performa.

Tambahan kalium untuk jantung

Pisang dikenal dengan potasiumnya, tapi tahukah bahwa potasium dapat membantu memperkuat jantung? Makan pisang dalam sehari bisa membuat jantung sehat. Kebanyakan orang tidak mengonsumsi cukup kalium dalam makanan sehari-hari yang seringkali berdampak langsung pada pengendalian tekanan darah dan komponen kesehatan jantung lainnya.

Menyehatkan mata

Menurut National Institute of Health, pisang mengandung Vitamin A yang berfungsi untuk melakukan tiga hal, melindungi mata, menjaga penglihatan normal, dan meningkatkan penglihatan di malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement