Kamis 10 Dec 2020 19:10 WIB

5 Trik Efektif untuk Tingkatkan Jumlah Langkah per Hari

Luangkan waktu untuk berdiri selama tiga menit setiap 30 menit duduk.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Berjalan kaki (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tetap bergerak aktif pada masa pandemi tampaknya cukup menjadi tantangan. Terlebih, banyak orang yang mungkin disibukkan dengan kegiatan bekerja dari rumah atau sedang membatasi kegiatan di luar rumah.

"Saya tahu, banyak di antara kalian yang bekerja dari rumah atau di kantor, dan Anda tidak punya kesempatan untuk banyak bergerak," ujar pelatih Kayla Itsines, seperti dilansir di NDTV, Kamis (10/12).

Itsines mengungkapkan, setidaknya ada lima kiat yang bisa dilakukan untuk memperbanyak jumlah langkah dengan lebih mudah. Berikut ini adalah kelima kiat tersebut:

1. Manfaatkan pengingat

Bila duduk dalam waktu lama, luangkan waktu untuk berdiri selama tiga menit setiap 30 menit duduk. Bisa juga untuk pasang pengingat di ponsel setiap jam untuk berjalan kaki, misalnya, berjalan kaki ke toilet atau pergi ambil gelas untuk minum air.

2. Gunakan tangga

Bila ada dua opsi untuk menggunakan lift atau tangga, pilih tangga. Gunakan kesempatan ini untuk memperbanyak jumlah langkah sekaligus melatih otot kaki. Menaiki tangga juga dapat menjadi aktivitas aerobik yang baik untuk meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori.

3. Parkir lebih jauh

Bila bekerja atau berkegiatan di luar rumah, coba parkir sedikit lebih jauh dari tempat tujuan. Dari tempat parkir, coba jalan kaki menunju tempat yang diinginkan.

4. Berjalan dengan teman

Berjalan kaki bersama teman bisa menjadi lebih menyenangkan. Selama berjalan kaki, coba untuk melakukan jalan kaki dengan intensitas yang berbeda. Misalnya, dengan melakukan jalan kaki di medan yang menanjak atau menurun.

5. Aktivitas di ruang terbuka

Bila memiliki halaman belakang atau taman di rumah, coba untuk melakukan aktivitas fisik di sana. Misalnya, berkebun atau memotong rumput.

Bila tak ada pun tak masalah. Ruang terbuka di rumah yang cukup terbatas seperti balkon juga bisa menjadi tempat untuk beraktivitas fisik. Berjalan dari dalam rumah ke area balkon secara berulang juga dapat meningkatkan jumlah langkah per hari. Coba memulai dengan target yang kecil terlebih dahulu, lalu ditingkatkan secara bertahap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement