Kamis 10 Dec 2020 11:22 WIB

4 Cara Atasi Lelah karena Depresi

Kelelahan yang menyebabkan rasa kantuk sepanjang waktu bisa terjadi karena depresi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kelelahan yang menyebabkan rasa kantuk sepanjang waktu bisa terjadi karena depresi (Foto: ilustrasi)
Foto: Boldsky
Kelelahan yang menyebabkan rasa kantuk sepanjang waktu bisa terjadi karena depresi (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang dapat mengalami kelelahan, baik fisik dan juga psikis. Namun, kelelahan yang menyebabkan rasa mengantuk sepanjang waktu adalah hal yang biasa terjadi saat menghadapi depresi.

“Depresi itu sendiri dapat menyebabkan kelelahan, apatis, dan lesu karena sifat penyakitnya,” kata Leela R Magavi, MD, seorang psikiater dan direktur medis regional untuk Community Psychiatry, melansir wellgood, Kamis (10/12).

Baca Juga

Tanda-tanda depresi yang berhubungan dengan kelelahan meliputi, kesulitan tidur atau tidur terlalu lama. Setelah bangun dan bergerak, kemungkinan juga akan merasa lesu dan tidak termotivasi sepanjang hari.

Bisa pula, saat siang dan malam diliputi rasa gelisah dan kantuk yang luar biasa. Untuk mengatasinya, berikut empat cara untuk mengatasi kelelahan akibat depresi.

 

Temui dokter atau ahli kesehatan mental

Jika kelelahan ekstrem menghalangi rutinitas harian, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemui dokter pribadi. Mereka dapat mengesampingkan kondisi yang berhubungan dengan kesehatan seperti anemia, hipotiroidisme, sleep apnea, penyakit jantung, diabetes, sindrom kelelahan kronis, atau obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan kantuk berlebihan. Dokter juga dapat menyarankan rujukan ke ahli kesehatan mental.

Latihan fisik

Latihan fisik untuk membantu pola hidup sehat tidak identik dengan olahraga yang berat. Cobalah latihan fisik sederhana, seperti jalan santai di hari sibuk yang hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit. Namun, pastikan olahraga menjadi sesuatu hal yang disukai.

Meditasi dan relaksasi

Meditasi dan relaksasi, hingga latihan pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh yang bisa membuat merasa lebih energik. Mulailah dengan lima menit sehari. Untuk membantu memulainya, bisa dengan mendengarkan meditasi terpandu, atau rekaman latihan pernapasan.

Tempat tidur bersih

Kebersihan tempat tidur dan perilaku tidur sehat dapat mendukung kelancaran hari. Pastikan mengikuti rutinitas malam yang memberikan waktu untuk aktivitas santai. Menemukan cara untuk bersantai sebelum tidur memungkinkan untuk menenangkan pikiran, membuat tubuh rileks, dan mendapatkan tidur malam yang lebih nyenyak.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement