Senin 23 Nov 2020 04:42 WIB

Berjalan di Alam Bantu Jaga Kewarasan Selama Pandemi

Alam di sekitar rumah dapat membantu mengurangi beberapa efek kesehatan mental

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Pengunjung menikmati pemandangan alam di kawasan wisata kebun teh dan candi Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Blitar, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020). Wisata alam kebun teh dan candi di lereng gunung Butak tersebut kembali dibuka setelah ditutup selama lima bulan karena pandemi COVID-19.
Foto: Prasetia Fauzani/ANTARA
Pengunjung menikmati pemandangan alam di kawasan wisata kebun teh dan candi Sirah Kencong, Desa Ngadirenggo, Blitar, Jawa Timur, Selasa (29/9/2020). Wisata alam kebun teh dan candi di lereng gunung Butak tersebut kembali dibuka setelah ditutup selama lima bulan karena pandemi COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tak hanya kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga mental tetap sehat selama pandemi Covid-19. Salah satunya bisa dengan berjalan-jalan di alam sekitar.

Sebuah studi dalam jurnal Ecological Applications menunjukkan alam di sekitar rumah seseorang dapat membantunya mengurangi beberapa efek kesehatan mental negatif dari pandemi Covid-19. Temuan ini didasarkan pada sebuah survei yang melibatkan 3.000 orang dewasa di Tokyo, Jepang.

Baca Juga

Peneliti mengamati hubungan antara depresi, kepuasan hidup, kebahagiaan subjektif, penghargaan diri, dan kesepian dengan frekuensi penggunaan ruang hijau. Mereka menemukan pemanfaatan ruang hijau yang lebih sering termasuk melihat pemandangan hijau dari jendela rumah berhubungan dengan peningkatan tingkat penghargaan diri, kepuasan hidup, kebahagiaan subjektif, serta penurunan tingkat depresi dan kesepian.

"Alam sekitar bisa berfungsi sebagai penyangga untuk mengurangi dampak merugikan peristiwa yang sangat menegangkan pada manusia," kata penulis utama studi, Masashi Soga dari The University of Tokyo seperti dilansir dari Science Daily, Minggu.

Pakar kesehatan di Harvard Medical School Jason Strauss menuturkan berinteraksi dengan alam menawarkan manfaat terapeutik yang menenangkan. Interaksi dengan alam juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar hormon stres kortisol baik itu dari aspek visual maupun suara.

"Pepohonan dan tanaman hijau membantu mengalihkan pikiran Anda dari pemikiran negatif sehingga pikiran Anda tak dipenuhi dengan kekhawatiran," tutur dia dalam laman resmi Harvard Medical School.

Jika berjalan di alam tidak memungkinkan, mendengarkan suara alam punya efek yang serupa. Demikian keterangan menurut studi dalam Scientific Reports pada Maret 2017.

Peneliti menggunakan pemindai MRI untuk mengukur aktivitas otak pada orang saat mereka mendengarkan suara alam. Mereka menemukan kegiatan ini punya proses yang sama seperti beristirahat. Bahkan, melihat foto pemandangan alam, tempat favorit Anda, atau tempat yang ingin Anda kunjungi juga dapat membantu.

Lalu berapa lama sebaiknya berada di alam? Strauss merekomendasikan 20-30 menit setiap tiga hari dalam sepekan. Akan tetapi intinya jadikan interaksi dengan alam sebagai bagian dari gaya hidup normal Anda.

Waktu Anda bersama alam bisa sesederhana berjalan-jalan setiap hari di taman atau di jalan setapak yang masih banyak pepohonannya. Anda bisa juga sembari bersepeda. Tetapi ingatlah untuk menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Psikolog klinis anak dan keluarga dari Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima juga menganjurkan Anda menerapkan perilaku SABAR. SABAR merupakan akronim untuk sempatkan waktu bersama-sama orang tersayang, atur ekspektasi, berbuat baik pada diri sendiri, aplikasikan gaya hidup sehat, dan rutinitas yang terjaga untuk menjaga mental di masa krisis ini.

Bagi mereka yang punya masalah kesehatan mental sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memahami perubahan selama masa pandemi mulai dari bekerja dari rumah (WFH), berkurangnya kontak dengan kerabat dan teman untuk beberapa waktu, ditambah adaptasi gaya hidup baru bisa saja menyulitkan.

Namun, ada banyak yang bisa dilakukan. Salah satunya tetaplah terinformasi. Anda bisa mendengarkan saran dan rekomendasi dari pemerintah, saluran berita tepercaya termasuk informasi terbaru dari @WHO di media sosial.

Selain itu, lakukan rutinitas harian atau buat rutinitas baru. Misalnya bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, jaga kebersihan diri, konsumsi makanan sehat pada waktu yang teratur, rutin berolahraga, mengalokasikan waktu untuk bekerja dan waktu istirahat, dan meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement