Jumat 13 Nov 2020 19:22 WIB

Nicholas Saputra Kenang Stres Hadapi Ujian di SMA 8

Jadi Duta Ruangguru, Nicholas Saputra berbagi tip mengatasi stres menjelang ujian.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Aktor Nicholas Saputra ditunjuk sebagai Duta Belajar Ruangguru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Belajar Ruangguru Nicholas Saputra menganggap, sistem pendidikan sekarang jauh berbeda dengan zamannya bersekolah dulu. Aktor Gie itu melihat, kini kelulusan siswa tak dilihat dari ujian pada satu hari saja.

"Dulu, nilai kita itu sangat dinilai dari ujian-ujian. Jadi dulu itu sangat banyak ujian dan itu sangat menegangkan," kata Nicholas saat konferensi pers bersama Ruangguru yang disimak secara virtual, Kamis (12/11).

Baca Juga

Banyaknya ujian untuk berbagai mata pelajaran membuat Nicholas stres dan juga jenuh. Alumnus SMA 8 Jakarta ini mengaku sempat tidak tahu cara menghadapi tekanan itu hingga mencoba bekerja sama dengan teman-teman yang memiliki semangat yang sama untuk mengurangi tekanan ujian.

"Jadi saya ingat betul, ada sekelompok teman ya, kami dekat. Kami ingin sekali bisa masuk perguruan tinggi negeri. Kami berkumpul sebelum ujian untuk bertukar pikiran," jelas Nicholas.

Selama masa persiapan ujian, Nicholas dan teman-temannya berdiskusi dan bersiap dengan saling tukar pertanyaan. Menurutnya, kolaborasi bisa menjadi cara untuk menenangkan diri saat sebelum ujian.

"Itu setidaknya agar kita tahu bahwa kita tidak sendiri," tutur alumnus Universitas Indonesia ini.

Nicholas juga berbagi tip untuk siswa yang sedang jenuh dan stres belajar. Menurutnya, mereka perlu melakukan refreshing di tengah-tengah kesibukan untuk memberikan jeda dan waktu kepada diri sendiri untuk menerima ilmu lebih banyak lagi.

"Kalau memang jenuh, menemukan hambatan, itu tidak apa-apa untuk relaks dan rekreasi," kata Nicholas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement