Selasa 10 Nov 2020 14:33 WIB

Abu Jenazah Sean Connery akan Ditebarkan di Skotlandia

Sean Connery merupakan aktor asal Skotlandia.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor James Bond Sean Connery akan dikremasi dan sebagian abu jenazahnya akan ditebar di negara asalnya, Skotlandia.
Foto: EPA
Aktor James Bond Sean Connery akan dikremasi dan sebagian abu jenazahnya akan ditebar di negara asalnya, Skotlandia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendiang aktor ikonik James Bond, Sean Connery akan dikremasi. Sebagian abu jenazahnya akan ditebar ke negara asalnya, yaitu Skotlandia.

"Kami akan membawa Sean kembali ke Skotlandia. Itu adalah keinginan terakhirnya," kata istri Connery, Micheline Roquebrune, dilansir laman Fox News, Selasa (10/11).

Baca Juga

Connery meninggal dunia pada 31 Oktober pada usia 90 tahun di rumahnya di Bahama. Menurut istrinya, Connery ingin abunya tersebar di Bahama dan juga di tanah kelahirannya di Skotlandia.

Roquebrune menyebut, begitu memungkinkan dan aman untuk melakukan perjalanan lagi pihak keluarga akan kembali ke Skotlandia membawa abu jenazah Connery.

"Kami ingin menyelenggarakan upacara peringatan untuknya di Skotlandia. Itulah harapan kami. Tetapi kami tidak dapat mengatakan kapan ini akan terjadi dengan tepat," jelas dia.

Roquebrune berada di sisi Connery ketika sang suami meninggal dalam tidurnya. Dia juga mengungkapkan bahwa mendiang belahan jiwanya itu akan dikremasi di sebuah layanan pribadi di Pulau Karibia.

Mengingat pandemi Covid-19 telah membatasi aktivitas bepergian, maka abu jenazah Connery akan disimpan terlebih dulu. Roquebrune mengatakan, pihak keluarga masih belum mengetahui kapan penyebaran abu di Skotlandia itu akan memungkinkan untuk dilakukan.

Roquebrune dan dua putranya berbagi mengenai kabar kematian Connery. Mereka menyebut, Connery meninggal dengan damai dalam tidurnya dikelilingi oleh keluarga. Salah satu anaknya, Jason Connery, mengatakan bahwa kesehatan ayahnya sempat memburuk selama beberapa waktu.

Connery adalah aktor asal Skotlandia kharismatik yang populer sebagai bintang film internasional agen rahasia James Bond. Dia kemudian meninggalkan perannya selama beberapa dekade itu dan mengukir kariernya sebagai pemenang Oscar.

Connery meninggalkan istrinya, saudara laki-laki Neil, dan putra Jason dan Stefan. Perwakilan keluarganya, Nancy Seltzer, mengatakan bahwa akan ada upacara pribadi diikuti dengan upacara peringatan setelah pandemi berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement