Senin 09 Nov 2020 04:55 WIB

Kondisi Arnold Schwarzenegger Mulai Pulih

Arnold Schwarzenegger mulai pulih setelah menjalani operasi jantung.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Arnold Schwarzenegger mulai pulih setelah menjalani operasi jantung (Foto: Arnold Schwarzenegger)
Foto: EPA
Arnold Schwarzenegger mulai pulih setelah menjalani operasi jantung (Foto: Arnold Schwarzenegger)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Arnold Schwarzenegger dikabarkan telah pulih pascaoperasi jantung. Melalui akun instagramnya, dia mengabarkan kondisinya semakin sehat.

Aktor berusia 73 tahun dan mantan Mister Universe itu telah bangkit dari komplikasi jantung. Akhir bulan Oktober lalu, Schwarzenegger menjalani operasi untuk mengganti katup aorta di Cleveland, Ohio.

Baca Juga

Saat ini, tampaknya kondisi kesehatannya semakin sehat. Dia pun telah kembali ke rumahnya di Los Angeles, dan melakukan olahraga kesukaannya, yaitu bersepeda di sepanjang d sepanjang Muscle Beach.

“Aku baru saja bersepeda pertama kali sejak operasi jantung, dan aku merasa baik,” tulis Arnold di akun instagramnya, @Schwarzenegger, dilansri di laman Cinema Blend, Ahad (8/11).

Arnold juga berlari di jalan-jalan pantai di Los Angeles Barat, dan mengatakan bahwa dia merasa sehat kembali. Dia berlari sambil mengenakan maskernya, dan kembali dengan sepedanya.

Setelah operasi jantungnya, banyak orang yang memintanya untuk tak sesegara mungkin kembali ke aktivitasnya lagi. Mereka menyarankan Schwarzenegger untuk kembali beraktivitas paling tidak sebulan atau lebih setelah dia mengalami operasi.

Namun, bukan itu yang akan dilakukan Arnold Schwarzenegger. Dia secara teratur mengendarai sepedanya di sekitar LA-nya, dan dia siap sekali lagi. Setelah mengalami operasi jantung, dia sempat berbagi foto di instagram.

“Terima kasih kepada tim di Klinik Cleveland, saya memiliki katup aorta baru untuk digunakan bersama dengan katup paru baru saya dari operasi terakhir saya. Saya merasa luar biasa,” tulis dia.

Ini bukan kali pertama Schwarzenegger mengalami operasi jantung. Pada 2018 lalu,  tepat sebelum dia kembali bermain sebagai T-800 dengan Linda Hamilton Sarah Connor di film Dark Fate, dia menjalani operasi jantung terbuka darurat untuk mengganti katup pulmonalnya.

Operasi pada 2018 itu, seharusnya menjadi prosedur non-invasif. Namun, tiba-tiba menjadi mengancam nyawa aktor tersebut. Arnold Schwarzenegger pergi dari pemulihan di rumah sakit untuk kembali berlatih dan berada di set untuk Terminator.

Schwarzenegger lahir dengan kelainan jantung yang disebut stenosis aorta, yang menyebabkan jantung memompa lebih keras dari biasanya untuk mengalirkan darah melalui katup aorta. Katup pulmonalnya juga diganti pada 1997 juga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement